Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Peran Ibu dalam Keluarga yang Penting dan Tak Tergantikan

7 Peran Ibu dalam Keluarga yang Penting dan Tak Tergantikan

Dalam kehidupan, peran seorang ibu sangatlah penting, bahkan dianggap sebagai pilar utama dari keutuhan dan kesejahteraan rumah tangga, contohnya ibu berperan dalam menjaga kesehatan keluarga, mengurus rumah, hingga mengatur keuangan.

Ibaratnya, menjadi seorang ibu merupakan tanggung jawab seumur hidup. Jadi tak hanya terbatas pada pekerjaan mengasuh anak-anak, ibu juga memiliki tanggung jawab lain yang tentunya berdampak besar terhadap keluarga secara keseluruhan.

Nah, sayangnya, hingga kini masih banyak orang yang belum memahami peran ibu secara keseluruhan. Berikut ini 7 peran ibu dalam keluarga yang penting dan tak tergantikan.

1. Ibu menciptakan rasa nyaman dalam keluarga

Ibu memiliki peran penting untuk memastikan seluruh anggota keluarga merasa aman dan nyaman. Hal ini bisa didapat salah satunya dengan membangun komunikasi yang baik dengan pasangan maupun anak. Jika peran yang satu ini bisa terpenuhi, maka tingkat stres dalam keluarga juga akan menurun, sehingga tubuh pun akan lebih sehat, baik secara fisik maupun mental.

2. Ibu memberikan cinta dan kasih sayang untuk keluarga

Ibu juga berperan dalam memberikan cinta dan kasih sayang untuk keluarga. Dengan begitu, pasangan maupun anak di rumah akan merasa bahwa dirinya dihargai, dicintai, serta diharapkan kehadirannya. Pemenuhan rasa cinta dan kasih sayang dalam keluarga akan bisa membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang ke depannya.

Baca juga: Mengenal Gaya Ibu Mengasuh Anak Dilihat dari Zodiaknya

3. Ibu menjadi contoh dan teladan bagi anak

Bukan hanya melahirkan, ibu juga menjadi contoh teladan bagi anaknya. Ibu mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan kedisiplinan kepada anak. Peran yang satu ini cukup penting, terutama dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak, sehingga anak akan bisa menjalani kehidupan di masyarakat dengan baik.

4. Ibu sebagai pengelola keuangan di rumah

Peran ibu di dalam keluarga berikutnya adalah sebagai pengelola keuangan. Ibarat manajer, ibu akan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan keluarga dan membelanjakan uang dengan bijak. Peran yang satu ini tentunya membutuhkan keterampilan, agar uang yang ada bisa dikelola dengan efisien dan efektif untuk kebutuhan keluarga.

5. Ibu sebagai juru masak di rumah

Seorang ibu berperan sebagai koki yang andal dan kreatif dalam keluarga. Hampir setiap hari ibu mengolah bahan makanan atau membuat kudapan lezat yang bisa dinikmati bersama keluarga. Karena alasan ini, tak heran ya, jika banyak orang yang mengungkapkan rasa rindunya terutama terhadap masakan ibu.

6. Ibu sebagai pemberi rangsangan belajar untuk anak

ibu juga berperan penting dalam memberi rangsangan belajar untuk anak. Lewat ibu, anak pertama kali akan mendapat rangsangan, baik secara fisik maupun emosional. Selain itu, ibu juga bertanggung jawab terhadap pembentukan kepribadian anak, yang kemudian akan menjadi modal penting bagi anak dalam bersosialisasi di masyarakat nantinya.

7. Ibu memberikan kepercayaan dan keamanan bagi anggota keluarga

Dalam rumah tangga, ibu juga memiliki peran penting dalam memberikan kepercayaan dan keamanan bagi anggota keluarga. Dengan terpenuhinya dua hal tersebut, anak atau pasangan akan merasa nyaman dan memiliki tempat berlindung, terutama saat menghadapi tantangan dalam hidup. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)