Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bahaya untuk Kesehatan, Ini Tips Menangkal Radikal Bebas

Bahaya untuk Kesehatan, Ini Tips Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan suatu istilah yang tak asing terdengar di telinga. Namun, apakah Moms tahu apa sebenarnya radikal bebas ini? Radikal bebas merupakan senyawa atau molekul berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Buat Moms dan Dads yang merupakan masyarakat aktif, radikal bebas tidak dapat dihindari sehingga patut diwaspadai karena bisa berasal dari dalam tubuh dan juga banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari. Sumber radikal bebas bisa berasal dari hal-hal sekitar, mulai dari paparan sinar matahari, stres, makanan dengan bahan pengawet, pewarna, ultra proses (junk food), hingga polusi udara seperti dari kendaraan bermotor, asap pabrik, sampai yang paling umum ditemui, yakni asap rokok.

Ini efek radikal bebas bagi tubuh

Radikal bebas bisa menyebabkan kondisi negatif pada tubuh. Ditemui di kawasan Kuningan, dr. Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, dokter spesialis gizi klinik, memaparkan berbagai efek radikal bebas bagi tubuh manusia.

“Radikal bebas dapat menimbulkan stres oksidatif dan kerusakan DNA sehingga dapat memicu penyakit yang lebih serius seperti stroke, kanker, penyakit jantung, penyakit paru-paru, hingga autoimun,” ungkap dr. Raissa.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, terutama di usia produktif, seperti saat mulai bekerja, beraktivitas di luar, serta gaya hidup tidak sehat dengan merokok dan konsumsi junk food dapat menyebabkan radikal bebas menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan kerusakan sel. Karena itu, penting bagi kita untuk mengimbangi dengan pola hidup sehat sejak dini.

Pentingnya asupan antioksidan

Demi menangkal radikal bebas, dr. Raissa menyarankan untuk menjalani hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan. Sumber antioksidan pada bahan makanan sebenarnya sangat mudah ditemukan, contohnya tumbuhan asli Indonesia, seperti daun katuk, kemangi, ginseng, hingga bunga kecombrang, mengandung antioksidan yang tinggi.

Tidak hanya dedaunan, antioksidan juga ditemukan di berbagai umbi dan rimpang, seperti ubi jalar, kunyit, temulawak, bahkan bunga seperti telang. Sementara buah-buahan kaya antioksidan seperti jambu biji, mangga, pepaya, delima, strawberry, dan zaitun.

Buah zaitun jadi sumber antioksidan 

Berbicara soal zaitun yang menjadi salah satu bahan makanan kaya antioksidan, sejak dahulu kala buah satu ini memang sudah dikenal manfaatnya. Buah yang sering disebut di dalam kitab suci sebagai bukti kebesaran Tuhan karena kebaikannya yang berlimpah ini punya banyak manfaat, di antaranya mendukung kesehatan tulang dan jantung untuk terus mendukung kehidupan yang aktif dan produktif.

Secara klinis, zaitun memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dibandingkan vitamin C, karena zaitun mengandung zat aktif hydroxytyrosol yang merupakan antioksidan kuat dalam menangkal radikal bebas.

Hydroxytyrosol sebagai antioksidan mendorong kerja osteoblast (sel pembentuk tulang) lebih cepat dari osteoklas (sel pengikis tulang) sehingga tidak terjadi resorpsi tulang. Keberadaan zat aktif inilah yang membantu mempercepat penyerapan kalsium pada tulang.

Tentunya selain dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya antioksidan, dr. Raissa juga menyarankan untuk melengkapi gaya hidup sehat dengan aktivitas fisik dan olahraga secara rutin.

Tips Surya Saputra menangkal radikal bebas

Sama halnya dengan Moms dan Dads yang menyadari akan adanya paparan radikal bebas dalam kesehariannya, Surya Saputra juga berusaha menerapkan gaya hidup sehat dan memastikan asupan antioksidan cukup untuk melindunginya dari efek negatif radikal bebas. Pria yang hobi naik motor Vespa klasik ini berbagi rahasianya soal asupan andalannya untuk menangkal radikal bebas.

“Saya selalu berusaha untuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan setiap hari. Tetapi tetap ada kekhawatiran kalau itu belum cukup. Jika ada nutrisi dalam bentuk praktis dan siap dikonsumsi kapan saja, akan baik sekali untuk mengimbangi gaya hidup saya. Sekarang ada Entrasol Can Susu Steril dengan ekstrak buah zaitun sebagai penambah asupan antioksidan,” tuturnya.

Entrasol Can Susu Steril tersaji dalam bentuk kemasan kaleng siap minum yang siap menemani gaya hidup aktif masyarakat. Susu ini mengandung ekstrak buah zaitun yang telah teruji secara klinis kaya antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C, serta membantu menjaga imunitas, kesehatan tulang, dan jantung. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Entrasol, Pressfoto/Freepik)