Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jelang Iduladha, Intip 5 Resep Olahan Daging Kurban ala Chef Halal

Jelang Iduladha, Intip 5 Resep Olahan Daging Kurban ala Chef Halal

Moms, sebentar lagi kita akan merayakan Iduladha. Hari istimewa bagi umat Islam ini identik dengan proses penyembelihan hewan kurban seperti kambing dan sapi. Karena itu, perayaan Iduladha biasanya diiringi dengan berbagai menu hidangan dari daging kambing atau sapi yang diperoleh dari hasil berkurban.

Untuk itu, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Chef Adie Miartadi, yang juga merupakan Presiden Islamic Chef and Culinary of Indonesia, membagi 5 resep hidangan olahan daging berikut ini, Moms.

5 inspirasi resep olahan daging kambing dan sapi untuk sambut Iduladha

1. Coba fusion food dengan resep Spageti Bakar dengan Daging Sambal Matah

Tren fusion food yang menggabungkan antara dua resep menjadi satu masakan yang unik bisa dijadikan ide menu baru untuk suasana Iduladha. “Salah satu ide fusion food yang bisa diterapkan yaitu spageti yang menggunakan potongan daging sapi atau kambing. Untuk memberikan cita rasa yang lebih segar dan pedas, tambahkan sambal matah di atas spageti,” ujar Chef Adie.

“Agar daging cepat empuk tanpa mengubah cita rasa, Anda bisa potong daging dalam potongan kecil-kecil, baluri dengan garam dan lada, kemudian remas-remas hingga sari daging keluar di celah-celah jari, dan diamkan sekitar 20 menit sebelum diolah menjadi menu masakan,” jelas Chef Adie.

2. Bawa inovasi pada makanan sate dengan resep Sate Kambing Plecing

Masih dalam tren fusion food, Anda bisa mengolah menu klasik yang dibakar, yaitu sate, tapi dengan bumbu yang berbeda dari biasanya. Awali dengan memilih bagian daging yang empuk seperti has dalam, kemudian proses daging hingga empuk dengan cara meremas-remasnya. Lalu untuk pembuatan sate, buat potongan daging dalam bentuk kotak-kotak.

“Setelah proses pengempukan daging selesai, sebaiknya daging tidak dimasak terlalu lama agar tekstur daging tetap empuk. Bumbu plecing khas Lombok dengan rasa pedas yang nikmat membuat menu sate ini lain dari biasanya,” saran Chef Adie. Bumbu seperti sambal plecing bisa Moms dapatkan dengan mudah lewat Tokopedia, terutama di bagian Bumbu dan Bahan Masakan.

3. Jaga keseimbangan nutrisi dengan menambah sayur pada resep Daging Panggang Bumbu Rawon

Walau daging panggang atau steak cenderung dikenal sebagai resep olahan daging ala Barat, kehadiran bumbu rawon sebagai sausnya akan membuat menu ini menjadi salah satu ide olahan daging khas Nusantara yang unik.

“Untuk menjaga keseimbangan nutrisi, tambahkan beberapa jenis sayuran, seperti brokoli, wortel, buncis, bayam, lettuce, dan kangkung. Dalam satu menu masakan daging, harus diimbangi dengan sayuran yang diproses, baik dengan dikukus atau direbus,” jelas Chef Adie.

4. Coba resep Tumis Daging, tambahkan bawang bombai untuk menetralisir kolesterol dari daging

Praktis dan legit, berbagai olahan resep daging yang ditumis tidak membutuhkan waktu lama, mulai dari persiapan hingga proses masaknya. Menurut Chef Adie, kunci agar lebih nikmat dan dapat menetralisir kolesterol dari daging adalah dengan menambahkan bawang bombai pada masakan. Mengolah masakan tumisan sebaiknya tidak terlalu lama, cukup diproses masak sekitar 5 menit.

5. Untuk cita rasa yang lebih segar, coba Sop Iga Asam Pedas

Sop iga asam pedas mengandalkan metode memasak daging dalam kuah mendidih (boiling), sehingga bisa menggugah selera. Menu asam pedas membuat rasa pada daging sapi atau kambing jadi lebih segar. Untuk iga kambing, Anda bisa memasaknya dalam bumbu rempah pedas.

“Jika Anda ingin menyimpan daging kurban agar tetap segar dan tahan lama, daging bisa disimpan dalam kondisi mentah atau setengah matang. Untuk menyimpan daging mentah, gunakan kantong plastik vakum berlabel BPA-free, lalu simpan di freezer dengan suhu -18 derajat Celsius, sehingga bisa bertahan hingga 6 bulan. Namun jika disimpan di dalam kulkas, maka daging tersebut hanya bertahan 3-4 hari. Untuk menyimpan daging setengah matang, artinya sudah dimarinasi, maka bisa disimpan di dalam freezer dan bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya,” tutup Chef Adie. (M&B/SW/Foto: Freestockcenter/Freepik)