Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Manfaat Susu Plain untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Susu Plain untuk Kesehatan Tubuh

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut sejumlah penelitian, di dalam susu terkandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, vitamin, kalsium, fosfor, kalium, hingga serat. Adapun untuk anak, susu berperan penting dalam proses tumbuh kembangnya yang optimal.

Bicara mengenai susu, sejauh ini ada banyak pilihan susu yang bisa dikonsumsi Moms dan keluarga, salah satunya susu plain. Susu plain merupakan susu murni kaya nutrisi yang tidak memiliki tambahan gula atau perasa. Susu ini biasanya diolah dengan teknologi canggih, sehingga tidak akan mengurangi kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Selain kaya nutrisi, susu plain punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, Moms. Apa saja? Nah, berikut ini 7 manfaat susu plain yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan kecerdasan otak

Susu plain sangat baik untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Ini karena susu plain mengandung vitamin B6, B9, dan B12 yang dipercaya bisa membantu memaksimalkan kinerja saraf di otak. Selain itu, ada juga kandungan lecithin dan yodium, yang bisa membantu meringankan kerja otak, sehingga nantinya otak akan bekerja dengan lebih efisien dan optimal.

2. Menetralisir racun dalam tubuh

Manfaat susu plain yang berikutnya adalah menetralisir racun dalam tubuh. Kandungan nutrisi di dalamnya dianggap bisa membantu mengoptimalkan proses pembersihan dan mengeluarkan racun di dalam tubuh. Meskipun demikian, bukan berarti susu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah keracunan ya, Moms.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Susu memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh karena asam lemak esensial dan protein yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, kandungan vitamin A yang ada pada susu juga menjadi sumber antioksidan penting yang nantinya akan melindungi tubuh Anda dan keluarga dari penyakit.

4. Menambah massa otot

Menurut penelitian dari Medical Journal of Indonesia, kandungan protein pada susu dipercaya bisa menambah massa otot. Massa otot memiliki sejumlah fungsi penting seperti mendukung sistem gerak, menjaga postur tubuh, melancarkan pencernaan, melindungi sejumlah organ penting, mengoptimalkan metabolisme tubuh, hingga memastikan sirkulasi darah di tubuh berjalan dengan baik.

5. Menjaga kesehatan tulang

Susu plain juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Ini karena di dalam susu terkandung protein, magnesium, kalsium, vitamin D, hingga fosfor. Semua kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga dan menyehatkan tulang serta mencegah risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

6. Menurunkan berat badan

Susu plain bisa juga dikonsumsi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Manfaat yang satu ini bisa diperoleh lantaran susu plain tidak mengandung gula dan perasa tambahan. Di samping itu, di dalam susu juga terkandung vitamin D yang dipercaya bisa membantu mengontrol berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat.

7. Sebagai sumber energi

Terakhir, susu plain mengandung sejumlah lemak yang bermanfaat sebagai sumber energi tubuh. Lemak yang terkandung di dalam susu tentunya mengandung kalori yang bisa Anda jadikan sebagai sumber energi alias bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Nah, Moms, itulah 7 manfaat susu plain untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, meskipun punya segudang manfaat, jangan lupa untuk tetap membatasi konsumsi susu harian, ya! (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)