Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Eksplorasi dan Penuhi Kebutuhan Gizi untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Eksplorasi dan Penuhi Kebutuhan Gizi untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Di Indonesia, masih banyak anak yang tidak mendapat pola pengasuhan yang tepat, misalnya penggunaan gadget yang berlebihan. Menurut data KPAI, anak di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 6 jam per hari untuk menggunakan gadget, seperti untuk menonton video, bermain game, dan melihat media sosial. Padahal penggunaan gadget pada anak dapat memengaruhi tumbuh kembangnya.

Ditemui dalam acara Explore Wonderland oleh Tempo Scan Group di Summarecon Mal Bekasi pada Jumat (12/7/2024), Irma Gustiana Andriani, psikolog anak, menekankan bahwa penggunaan gadget dapat memberikan peran positif pada tumbuh kembang anak jika digunakan secara tepat.

“Namun, (penggunaan gadget) perlu diimbangi dengan memberikan kesempatan eksplorasi dan bermain langsung karena hal tersebut membuat anak lebih mudah mengintegrasikan panca indra yang mendukung tumbuh kembang optimal,” ucap Irma.

Membatasi penggunaan gadget juga dilakukan oleh Asmirandah, celeb mom, yang telah memiliki satu anak. Ditemui di acara yang sama, Asmirandah mengaku selalu memberikan Si Kecil pengawasan saat menggunakan gadget yang diimbangi dengan kebebasan untuk bereksplorasi secara langsung agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan sensorik dan motorik.

“Aku tidak khawatir membiarkan Chloe untuk bereksplorasi di outdoor dan membiarkan dia bebas bermain di lingkungan sekitar,” ucap Asmirandah.

Kesehatan cerna juga mendukung tumbuh kembang anak

Bukan hanya eksplorasi yang cukup dan pembatasan penggunaan gadget, menjaga kesehatan cerna Si Kecil juga dapat membantu tumbuh kembangnya. Hal ini disampaikan oleh Esti Nurwanti, ahli gizi, yang turut hadir dalam acara Explore Wonderland.

Menurut Esti, selain asupan nutrisi yang tepat, orang tua juga perlu memperhatikan kesehatan pencernaan anak sebagai fondasi dalam tumbuh kembangnya. “Pencernaan yang sehat akan mengoptimalkan penyerapan asupan gizi dan memiliki pengaruh yang besar terhadap daya tahan tubuh dan kecerdasan anak,” kata Esti.

Menjaga kesehatan pencernaan anak juga dilakukan oleh Nagita Slavina. Ibu dari Rafathar dan Rayyanza ini sangat selektif dalam memilih setiap asupan makanan yang dikonsumsi anak-anaknya. Nagita sudah sadar betul bahwa sekecil apa pun asupan yang masuk ke tubuh anak-anaknya akan memengaruhi tumbuh kembangnya.

“Aku konsultasi ke dokter untuk tahu kebutuhan nutrisi anak, lalu aku pantau terus apakah sudah cukup apa belum. Selain itu aku juga memanfaatkan media sosial untuk mencari banyak informasi mengenai tumbuh kembang anak,” kata Nagita.

Nagita juga mengingatkan para Moms agar tidak lupa untuk memastikan asupan protein Si Kecil tercukupi, jangan hanya karbohidratnya saja. Selain itu, Nagita juga memastikan anaknya mengonsumsi prebiotik dan probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaannya.

“Kalau pencernaannya sehat kan jadi enggak gampang sakit, jadi kita bisa kasih stimulasi untuk mengoptimalkan kecerdasannya juga,” tambah Nagita.

Menyadari pentingnya peranan nutrisi dan stimulasi yang tepat menjadi alasan Tempo Scan Group untuk membuat event Explore Wonderland di Summarecon Mal Bekasi, pada 12-14 Juli 2024. Explore Wonderland mengusung tema “Jelajahi 3 Dunia Penuh dengan Keajaiban”. Event ini menawarkan berbagai wahana permainan yang dapat mengembangkan kreativitas anak dan memperkenalkan mereka pada dunia imajinasi yang unik dan menarik. (M&B/RF/Foto: Freepik/Dok. Tempo Scan Group)