Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Vitamin B3 bagi Tubuh yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Vitamin B3 bagi Tubuh yang Perlu Anda Tahu

Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral dengan komposisi lengkap. Salah satu vitamin yang penting bagi tubuh adalah vitamin B3.

Dilansir dari Alodokter, vitamin B3 atau niacin merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, kulit, dan fungsi otak. Selain itu, vitamin B3 diperlukan untuk mengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi.

Sebagai catatan, kebutuhan vitamin B3 tidak sama antara satu orang dan yang lainnya. Faktor usia dan jenis kelamin ikut menentukan jumlah asupan vitamin B3 yang diperlukan setiap harinya.

Berikut perkiraan takaran vitamin B3 harian berdasarkan usia dan jenis kelamin.

  • Anak-anak: sekitar 2-10 mg
  • Pria dewasa: 16 mg
  • Wanita dewasa: 14 mg.

Bukan hanya melalui suplemen, Anda juga bisa mendapatkan vitamin B3 dari sumber makanan sehari-hari. Dari sumber pangan nabati, vitamin B3 bisa didapatkan dari polong-polongan, sereal utuh, dan kacang-kacangan, sedangkan sumber vitamin B3 hewani bisa didapatkan dari hati, daging, tuna, atau salmon.

Manfaat vitamin B3

Vitamin B3 memiliki sederet manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga fungsi saraf hingga kesehatan kulit. Berikut ini manfaat vitamin B3 untuk tubuh.

1. Mencegah pellagra

Kekurangan vitamin B3 bisa menyebabkan pellagra. Pellagra merupakan sebutan bagi kondisi saat seseorang kekurangan vitamin B3. Gejala pellagra mencakup diare, radang kulit (dermatitis), dan demensia.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Konsumsi vitamin B3 dengan takaran cukup bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Penumpukan kolesterol di pembuluh darah bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, stroke, atau penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya.

3. Mencegah radang kulit

Radang kulit bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari iritasi, alergi, dan kekurangan vitamin B3. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin B3 melalui makanan sehari-hari atau suplemen.

Perlu diketahui, turunan dari vitamin B3, seperti niacinamide, juga kerap digunakan sebagai bahan baku dari berbagai produk perawatan kulit, seperti pembersih muka, toner, serum, pelembap, dan masker wajah. Pasalnya, niacinamide punya banyak manfaat untuk kulit, seperti mengatasi jerawat hingga mengurangi keriput dan garis halus.

4. Mencegah diare

Kekurangan vitamin B3 bisa memicu munculnya gangguan pada sistem pencernaan dan menimbulkan gejala tertentu, seperti muntah, konstipasi, hingga diare. Jadi, pastikan kebutuhan vitamin B3 Anda tercukupi guna membantu menjaga sistem pencernaan.

5. Mengatasi hipertensi

Hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah berada di angka lebih dari 120/90 mmHg. Sejumlah penelitian menemukan adanya efek penurunan tekanan darah setelah mengonsumsi vitamin B3 pada penderita hipertensi. Hanya saja, klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Menurunkan risiko diabetes

Vitamin B3 diyakini bisa membantu menjaga kesehatan kelenjar pankreas. Kelenjar pankreas bertugas untuk menghasilkan insulin yang berperan dalam mengendalikan kadar gula darah. Karena itu, manfaat vitamin B3 adalah untuk menurunkan risiko terjadinya diabetes.

7. Mencegah demensia

Vitamin B3 juga berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel serta DNA, termasuk sel saraf. Kekurangan vitamin ini diketahui bisa memicu terjadinya pellagra yang salah satu tandanya adalah demensia.

Untuk itu, memenuhi kebutuhan vitamin B3 diharapkan bisa mencegah demensia atau mengurangi keparahan demensia, terutama yang disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin ini. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)