Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Ampuh untuk Membuat Telapak Tangan Halus

7 Cara Ampuh untuk Membuat Telapak Tangan Halus

Moms, bukan hanya kulit wajah yang harus dijaga dan dirawat. Kulit tangan pun harus Anda rawat agar terjaga dan tidak menjadi kasar. Pasalnya, memiliki kulit tangan yang kasar bisa mengganggu Anda, apalagi saat mesti berinteraksi langsung dengan orang lain, seperti bersalaman. Hal ini tentu saja membuat rasa percaya diri Anda turun. Selain itu, telapak tangan yang kasar bisa mengganggu aktivitas Anda, karena telapak tangan yang kasar biasanya akan terasa kering atau bahkan mengelupas, sehingga membuat Anda jadi merasa tidak nyaman.

Penyebab telapak tangan kasar

Kulit yang kering sering menjadi pencetus telapak tangan jadi kasar. Aktivitas yang menggunakan tangan secara berlebihan merupakan salah satu penyebabnya. Selain itu ada beberapa penyebab lain kulit tangan kasar, antara lain:

  • Sering terpapar panas, misalnya saat memasak dan melakukan aktivitas lain yang menyebabkan tangan terpapar panas.
  • Cuaca yang cukup dingin juga bisa membuat kulit telapak tangan jadi kering, sehingga tangan pun akan terasa kasar.
  • Terlalu sering mencuci dan menggosok bagian telapak tangan dengan sabun.
  • Tidak cocok dengan sabun atau detergen tertentu, sehingga membuat tangan mengalami iritasi, kering, dan bahkan kulit telapak tangan bisa mengelupas.
  • Sedang berada dalam kondisi medis tertentu.

7 cara ampuh untuk menghaluskan telapak tangan 

Berikut ini 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghaluskan telapak tangan menggunakan beberapa bahan yang cukup mudah ditemukan. Simak caranya ya, Moms.

1. Air hangat

Cara ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan setiap hari. Jika Anda merasa kulit tangan terasa kasar, cobalah untuk merendam tangan dalam air hangat selama 10 menit. Merendam telapak tangan ke air hangat akan membuat kulit lebih rileks sehingga terasa lebih lembut. Anda juga bisa tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang menenangkan, seperti lavender, untuk memaksimalkan proses perendaman dan rasakan perbedaan kulit tangan setelah merendamnya.

2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera kaya nutrisi serta mengandung berbagai vitamin dan mineral yang punya manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk melembapkan kulit. Lidah buaya punya kandungan air sebanyak 98% yang memiliki kemampuan dalam menenangkan dan melembapkan kulit, menjadikannya sebagai pelembap alami yang efektif. Untuk menggunakannya, Moms bisa ambil daging buah lidah buaya, cuci hingga bersih, dan haluskan dengan blender. Setelah itu oleskan pada permukaan telapak tangan Anda secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 menit.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa membantu melembapkan kulit. Caranya, oleskan minyak kelapa di kedua telapak tangan Anda, lalu pijat secara perlahan. Selain melembapkan dan melembutkan kulit, minyak kelapa bisa merelaksasi kulit, lho.

4. Madu

Madu juga mengandung vitamin, antioksidan, dan potasium yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Moms bisa menggunakan madu pada telapak tangan secara rutin agar kelembapannya tetap terjaga dan tangan Anda pun tetap halus.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun punya banyak manfaat dan salah satunya untuk kulit. Kandungan vitamin C, D, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu meremajakan kulit. Adapun kandungan vitamin E di dalamnya mampu memberikan kelembapan yang akan membantu kulit telapak tangan Anda dari kekeringan dan kasar.

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis yang kaya vitamin C bisa membantu pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan membantu melembutkan kulit. Namun, hindari memakainya saat tangan Anda sedang dalam keadaan iritasi ataupun mengalami luka ya, Moms.

7. Susu cair

Susu cair mengandung toner alami yang baik untuk kulit sehingga mampu melembapkan dan membuat kulit lebih cerah. Untuk cara memakainya Moms hanya perlu mencelupkan tangan ke dalam susu cair dan diamkan selama 5 menit. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)