Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Kombinasi Buah dan Sayuran untuk MPASI yang Lezat dan Bergizi buat Bayi

5 Kombinasi Buah dan Sayuran untuk MPASI yang Lezat dan Bergizi buat Bayi

Ada banyak cara untuk mengenalkan berbagai rasa makanan kepada bayi di awal tahapan mengenal makanan pertamanya. Salah satunya adalah dengan mengombinasikan buah dan sayuran untuk MPASI.

Kombinasi buah dan sayuran yang tepat bisa menghasilkan rasa makanan yang lezat dan pastinya disukai Si Kecil serta penuh dengan gizi seimbang yang baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi Anda. Berikut ini 5 kombinasi buah dan sayuran untuk MPASI yang lezat dan bergizi untuk Si Kecil.

1. Puree ubi jalar dan apel

Ubi jalar termasuk jenis sayuran yang punya rasa manis dengan kandungan vitamin A dan C tinggi, yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh bayi. Menggabungkan ubi jalar dengan apel akan menambah rasa manis dan serat alami ke dalam makanan Si Kecil, menghasilkan puree yang lezat, bergizi, dan mudah dicerna.

Bahan:

  • 1 buah apel ukuran sedang
  • 2 ubi jalar ukuran sedang
  • Air matang atau ASI secukupnya.

Cara membuat:

1. Kupas ubi jalar dan apel serta cuci bersih di air mengalir, lalu potong dadu atau sesuai selera Anda.

2. Kukus atau rebus ubi jalar dan apel sekitar 15 menit hingga empuk.

3. Haluskan ubi jalar dan apel bersama air matang atau ASI secukupnya menggunakan food processor atau hand blender hingga mendapatkan tekstur MPASI yang sesuai dengan usia bayi. Jika perlu, Anda bisa menyaringnya untuk mendapatkan tekstur MPASI yang lebih lembut dan mudah dicerna.

2. Puree wortel dan pir

Wortel dikemas dengan beta karoten yang terbukti mampu mendukung kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, sementara pir bisa memberikan rasa manis ke dalam puree. Kombinasi ini menghasilkan MPASI yang lembut dengan rasa manis yang pasti disukai Si Kecil.

Bahan:

  • 1 buah pir ukuran sedang
  • 1-2 baby wortel ukuran sedang
  • Air matang atau ASI secukupnya.

Cara membuat:

1. Kupas wortel dan pir serta cuci bersih di air mengalir, lalu potong dadu atau sesuai selera Anda.

2. Kukus atau rebus wortel sekitar 15 menit hingga empuk.

3. Haluskan wortel dan pir bersama air matang atau ASI secukupnya menggunakan food processor atau hand blender hingga mendapatkan tekstur MPASI yang sesuai dengan usia bayi. Jika perlu, Anda bisa menyaringnya untuk mendapatkan tekstur MPASI yang lebih lembut dan mudah dicerna.

3. Bubur bayam dan pir

Bayam adalah sayuran yang kaya zat besi dan vitamin. Mencampurkan bayam dengan pir yang punya rasa manis akan menghasilkan bubur lezat dan bergizi untuk bayi.

Bahan:

  • Bayam secukupnya
  • 1 buah pir ukuran sedang
  • Air matang atau ASI secukupnya.

Cara membuat:

1. Kupas pir serta cuci bersih bayam dan pir di air mengalir, lalu potong pir seukuran dadu atau sesuai selera Anda.

2. Rebus bayam sekitar 10 menit atau hingga layu.

3. Haluskan bayam dan pir bersama air matang atau ASI secukupnya menggunakan food processor hingga mendapatkan tekstur MPASI yang sesuai dengan usia bayi. Jika perlu, Anda bisa menyaringnya untuk mendapatkan tekstur MPASI yang lebih lembut dan mudah dicerna.

4. Bubur labu madu dan pisang

Labu madu kaya beta karoten, vitamin C, dan serat yang bagus untuk meningkatkan penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi serta sistem pencernaannya. Adapun pisang mengandung vitamin dan mineral penting yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Mencampurkan labu madu dan pisang yang sama-sama punya rasa manis akan menghasilkan bubur bayi lezat, bergizi, dan mudah dicerna dengan rasa yang pasti disukai Si Kecil.

Bahan:

  • 1/4 labu madu atau secukupnya
  • 1-2 buah pisang ukurang sedang. Moms bisa menggunakan pisang ambon, pisang emas, pisang kepok, atau pisang cavendish
  • Air matang atau ASI secukupnya.

Cara membuat:

1. Kupas labu madu lalu cuci bersih di air mengalir, lalu potong dadu atau sesuai selera Anda. Cuci bersih pisang di air mengalir, lalu kupas dan potong kecil-kecil.

2. Kukus labu madu sekitar 15 menit hingga empuk.

3. Haluskan labu madu dan pisang bersama air matang atau ASI secukupnya menggunakan food processor atau hand blender hingga mendapatkan tekstur MPASI yang sesuai dengan usia bayi. Jika perlu, Anda bisa menyaringnya untuk mendapatkan tekstur MPASI yang lebih lembut dan mudah dicerna.

5. Bubur jagung manis dan kentang

Jagung manis dan kentang mengandung serat serta vitamin dan mineral untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Kombinasi keduanya akan menghasilkan bubur lembut dan bergizi dengan rasa lezat yang pastinya disukai Si Kecil.

Bahan:

  • 100 gram jagung manis pipil
  • 1 kentang ukuran sedang, kupas dan potong kecil-kecil
  • Air matang atau ASI secukupnya.

Cara membuat:

1. Cuci jagung manis pipil dan kentang di air mengalir. Kupas kentang dan potong kecil-kecil agar cepat matang dan empuk.

2. Kukus atau rebus jagung manis pipil dan kentang secara terpisah hingga empuk.

3. Haluskan jagung manis pipil dan kentang yang sudah matang bersama air matang atau ASI secukupnya menggunakan food processor atau hand blender hingga mendapatkan tekstur MPASI yang sesuai dengan usia bayi. Jika perlu, Anda bisa menyaringnya untuk mendapatkan tekstur MPASI yang lebih lembut dan mudah dicerna.

Itulah 5 kombinasi buah dan sayuran untuk MPASI yang lezat dan bergizi buat bayi. Menggabungkan buah dan sayuran tidak hanya mampu meningkatkan rasa, tapi juga menambah nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)