Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tanaman Penurun Kadar Gula Darah dan Cara Mengonsumsinya

5 Tanaman Penurun Kadar Gula Darah dan Cara Mengonsumsinya

Menjaga kadar gula darah tetap stabil merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut Kementerian Kesehatan RI, kadar gula darah yang normal berkisar 70-90 miligram per desiliter.

Jika kadar gula darah tinggi, maka tubuh berisiko mengalami sejumlah gangguan kesehatan, misalnya gangguan kardiovaskular, masalah sistem saraf, penurunan fungsi ginjal, hingga risiko penyakit diabetes.

Selama ini, banyak orang memilih mengonsumsi obat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Padahal tak hanya obat, ada juga sejumlah tanaman penurun kadar gula darah yang bisa Anda konsumsi. Penasaran? Simak informasi selengkapnya mengenai 5 tanaman penurun kadar gula darah dan cara mengonsumsinya berikut ini.

1. Daun kelor

Tanaman bernama Latin Moringa oleifera atau dikenal awam dengan nama daun kelor bisa menjadi pilihan tanaman penurun kadar gula darah. Menurut National Library of Medicine, tanaman herbal satu ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang berfungsi untuk menjaga kadar insulin dalam tubuh, memberikan perlindungan terhadap kerusakan organ, memperbaiki profil lipid darah, sekaligus menurunkan kadar gula darah.

Berikut cara mengonsumsinya.

1. Ambil 3-4 batang daun kelor yang sudah tua, lalu cuci hingga bersih.

2. Keringkan daun kelor selama 10-14 hari.

3. Setelah kering, haluskan daun kelor menggunakan blender hingga teksturnya menjadi bubuk.

4. Ambil bubuk daun kelor kurang lebih 1 sendok makan, masukkan ke dalam cangkir, dan tambahkan air panas.

5. Tunggu sekitar 5 menit hingga air berubah warna, lalu tambahkan madu atau lemon sesuai selera untuk kemudian Anda minum.

2. Daun sirsak

Tak hanya buahnya yang kaya manfaat, daun sirsak juga bisa dikonsumsi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Current Research in Nutrition and Food Science Journal menyebutkan bahwa di dalam daun sirsak terkandung polifenol dan flavonoid yang bersifat antihiperglikemik. Ini yang membuat daun sirsak dianggap bisa membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada pasien diabetes melitus.

Berikut cara mengonsumsinya.

1. Ambil 2-3 lembar daun sirsak, lalu cuci hingga bersih.

2. Rebus daun sirsak dengan air secukupnya, biarkan mendidih selama 10 menit.

3. Saring daun sirsak, kemudian minum air rebusannya.

3. Daun binahong

Berikutnya ada daun binahong yang dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta meminimalisir kerusakan sel beta di pankreas, khususnya pada penderita diabetes. Semua ini berkat kandungan flavonoid di dalam daun binahong yang bekerja dengan cara menghambat pemecahan dan penyerapan glukosa di usus serta memaksimalkan fungsi hormon insulin dalam tubuh.

Berikut cara mengonsumsinya.

1. Ambil 9-12 lembar daun binahong, pilih daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua, cuci hingga bersih.

2. Panaskan dua gelas air, lalu masukkan daun binahong.

3. Rebus daun binahong sampai air menyusut kurang lebih menjadi satu gelas.

4. Setelah itu, saring daun binahong dan minum air rebusannya dua kali sehari.

4. Daun salam

Moms tentu tahu daun salam, kan? Salah satu bumbu aromatik ini ternyata punya manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, lho. Menurut penelitian, kandungan polifenol pada daun salam bermanfaat sebagai antioksidan kuat yang bisa membantu menurunkan gula darah, menjaga jantung tetap sehat, dan mendukung proses pemulihan tubuh setelah sakit.

Berikut cara mengonsumsinya.

1. Ambil 7 lembar daun salam dan cuci hingga bersih.

2. Panaskan 500 ml air, kemudian rebus daun salam hingga berubah warna.

3. Setelah berubah warna, saring air rebusan daun salam untuk diminum.

5. Daun kersen

Terakhir ada daun kersen yang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, salah satunya diabetes. Daun kersen mengandung sejumlah senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, dan glycoside yang bisa membantu merangsang produksi insulin dalam pankreas. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan lainnya yang mampu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas.

Berikut cara mengonsumsinya.

1. Ambil 10-15 lembar daun kersen dan cuci hingga bersih.

2. Rebus daun kersen dengan air sebanyak 3-4 gelas, selama 10-15 menit.

3. Jika air sudah berubah warna, saring air rebusan daun kersen.

4. Minum air rebusan daun kersen dalam kondisi hangat 2-3 kali sehari.

Itulah 5 tanaman penurun kadar gula darah dan cara mengonsumsinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah, Moms! (M&B/Ayu/SW/Foto: XB100/Freepik)