Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Manfaat Air Nira Aren untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Air Nira Aren untuk Kesehatan Tubuh

Moms, pernah mengonsumsi air nira aren? Air nira aren merupakan minuman alami yang berasal dari bunga pohon aren, dengan rasa manis dan warna bening. Selain dikonsumsi langsung, air nira aren sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan gula merah atau gula aren.

Produksi air nira aren masih sangat alami, sehingga masih sangat minim tambahan bahan kimia. Di sisi lain, minuman yang satu ini banyak dicari karena dipercaya memiliki beragam khasiat untuk tubuh. Apa saja sih, manfaat air nira aren untuk kesehatan tubuh? Berikut ini ulasan lengkapnya, Moms.

1. Mencegah kanker

Manfaat air nira aren yang pertama adalah membantu mencegah kanker, karena air nira aren mengandung fitokimia dan antioksidan yang tinggi. Kedua kandungan tersebut dipercaya bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan perubahan sel-sel dalam tubuh. Inilah yang kemudian membuat air nira aren dianggap mampu menurunkan risiko penyakit kanker, seperti kanker paru, kanker mulut, dan kanker usus.

2. Menurunkan tekanan darah dalam tubuh

Air nira aren juga dikenal memiliki kandungan potasium yang tinggi. Potasium atau kalium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh untuk menurunkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang kerap mengonsumsi makanan tinggi garam. Tekanan darah yang terjaga juga akan membantu Anda terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular, seperti aritmia, penyakit jantung koroner, dan stroke.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Air nira aren menjadi salah satu sumber minuman alami untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga nantinya tubuh mampu menangkal berbagai macam penyakit. Hal ini berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, asam amino, lemak, karbohidrat, dan gula.

4. Menurunkan risiko anemia

Air nira aren mengandung zat besi dan vitamin K yang bisa membantu menurunkan risiko anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan zat besi, yang kemudian membuat tubuh tak dapat memproduksi hemoglobin (Hb) yang cukup. Kondisi ini biasanya ditandai dengan sakit kepala, sulit konsentrasi, hingga kelelahan.

5. Rendah gula dan aman untuk penderita diabetes

Buat Anda yang mengalami diabetes, mengonsumsi makanan atau minuman rendah gula tentu sangat penting untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah dalam tubuh.

Nah, kabar baiknya, air nira aren masuk dalam kategori indeks glikemik rendah. Rasa manis di dalamnya berasal dari sukrosa atau gula alami yang sering ditemukan pada buah dan sayur. Inilah yang membuat air nira aren dipercaya aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, selama tidak berlebihan.

6. Menjaga sistem saraf tetap sehat

Kandungan kalium yang terdapat dalam air nira aren juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf tetap sehat. Menurut penelitian yang dilansir dari Healthline, kandungan kalium dalam nira aren bahkan dianggap lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Kalium merupakan mineral yang memainkan peran penting dalam sistem saraf di tubuh kita. Dengan memenuhi asupan kalium harian, masalah pada sistem gerak, detak jantung, serta gangguan otot diharapkan bisa berkurang. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)