Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda, Ternyata Gampang Banget!

5 Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda, Ternyata Gampang Banget!

Munculnya uban di usia muda sering kali menjadi sumber kekhawatiran. Uban yang muncul lebih cepat daripada biasanya dianggap bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Uban memang identik dengan penuaan, Moms. Namun, dalam beberapa kondisi, uban bisa muncul lebih awal karena berbagai faktor, seperti genetik, kekurangan asupan nutrisi dan vitamin, gaya hidup, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Beruntungnya, saat ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, baik dengan perawatan alami maupun bantuan teknologi modern. Berikut ini beberapa cara menghilangkan uban di usia muda yang bisa Anda lakukan.

1. Berhenti merokok

Tahukah Anda, merokok bisa membawa efek buruk bagi tubuh serta berkontribusi besar terhadap tumbuhnya uban di usia muda.

Menurut jurnal yang dipublikasikan oleh Indian Dermatology Online, disebutkan bahwa tumbuhnya uban sebelum usia 30 tahun dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Oleh karena itu, berhenti merokok sangat disarankan untuk menghilangkan sekaligus mencegah terbentuknya uban baru.

2. Kelola stres dengan baik

Dalam Jurnal Nature Medicine disebutkan bahwa stres bisa menipiskan sel induk dari pangkal folikel rambut. Bahkan stres yang tidak dikelola dengan baik bisa mempercepat penuaan dini pada sel tubuh hingga tiga kali lebih cepat, termasuk pada sel-sel rambut.

Nah, untuk menghilangkan uban, Anda sebaiknya mengelola stres dengan baik. Lakukan beragam aktivitas yang membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks seperti yoga, olahraga, grounding di alam, hingga journaling.

3. Mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral

Cara menghilangkan uban berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral, misalnya vitamin B, B12, D, E, dan A, selenium, magnesium, tembaga, zat besi, dan zinc. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, rambut akan lebih terjaga kesehatannya dan uban pun akan berkurang.

Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan vitamin dan mineral setiap orang berbeda-beda. Sehingga, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter gizi terkait dosis vitamin dan mineral harian yang harus dikonsumi.

4. Menggunakan minyak biji wijen

Biji wijen dikenal kaya antioksidan dan vitamin B yang bisa menutrisi rambut dan menghilangkan uban. Di sisi lain, kandungan dalam minyak wijen bisa memperlambat pertumbuhan uban, sehingga Anda bisa terhindar dari risiko munculnya uban di usia muda.

Berikut ini cara menggunakan minyak wijen untuk menghilangkan uban.

1. Campurkan 2 sendok makan minyak wijen dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, panaskan kedua campuran minyak tersebut.

2. Oleskan minyak yang masih dalam keadaan hangat ke kulit kepala dan rambut. Lakukan juga pijatan halus selama 15-20 menit.

3. Setelah itu, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

4. Perawatan menggunakan minyak wijen bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

5. Air lemon

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan uban adalah air lemon. Kandungan dalam air lemon tak hanya membantu meningkatkan volume rambut, tapi juga menambah warna dan kilau rambut. Ini artinya, Moms juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan uban.

Berikut ini cara menggunakan air lemon untuk menghilangkan uban.

1. Campurkan 2 sendok teh air lemon dan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, panaskan campuran kedua bahan tersebut.

2. Saat campuran minyak dan air lemon masih hangat, oleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut.

3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil maksimal. 

Itulah beberapa cara menghilangkan uban di usia muda. Selamat mencoba! (M&B/Ayu/RF/Foto: Freepik)