Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Resep Sup Rumput Laut Korea yang Lezat dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Resep Sup Rumput Laut Korea yang Lezat dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Anda yang sering menonton drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan sup rumput laut Korea atau yang dikenal dengan nama miyeok-guk. Sup berbahan dasar rumput laut ini adalah jenis sup tradisional Korea yang biasanya disajikan saat ulang tahun dan pemulihan pascapersalinan.

Namun, pada dasarnya, Anda bisa menikmati sup rumput laut yang lezat ini kapan saja Anda menginginkannya. Makanan ini juga bisa menjadi ide variasi menu sehari-hari untuk keluarga. Berikut ini resep sup rumput laut Korea yang lezat dan mudah dibuat di rumah.

Resep sup rumput laut Korea

Bahan:

  • 15 gram rumput laut kering (dried miyeok)
  • 120 gram daging sapi yang diiris menjadi potongan-potongan kecil. Anda bisa gunakan bagian sirloin atau tenderloin
  • 1 bawang bombay ukuran kecil, iris tipis
  • 2-3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2-3 daun bawang, iris
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1,5 sendok makan kecap asin
  • Sejumput lada hitam
  • Garam dan lada secukupnya
  • 5 gelas air atau 1.250 ml air.

Cara membuat:

1. Rendam rumput laut kering di dalam air selama 10-15 menit hingga mengembang. Merendam juga bertujuan untuk membuang kotoran pada rumput laut kering. Jika sudah, tiriskan dan bilas rumput laut beberapa kali di air mengalir. Kemudian potong rumput laut menjadi potongan yang lebih pendek dan sisihkan.

2. Marinasi potongan daging sapi yang sudah diiris kecil dengan garam dan lada hitam, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.

3. Panaskan minyak di dalam panci sup yang cukup besar di atas api sedang. Tambahkan irisan bawang bombay dan bawang putih cincang. Tumis hingga harum.

4. Tambahkan irisan daging sapi yang sudah dimarinasi tadi, masak hingga potongan daging sapi berubah warna kecokelatan dan setengah matang.

5. Tambahkan rumput laut yang sudah direndam sebelumnya.

6. Tambahkan air ke dalam panci. Didihkan, lalu kecilkan api dan biarkan mendidih perlahan selama sekitar 20 menit.

7. Bumbui dengan kecap asin, minyak wijen, garam, dan lada sesuai selera. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar agar rasanya lebih menyatu. Koreksi rasanya.

8. Terakhir, beri taburan irisan daun bawang. Masak sebentar lalu matikan kompor.

9. Miyeok-guk siap dinikmati bersama nasi hangat. Anda juga bisa tambahkan kimchi sebagai side dish untuk membuat rasanya makin lezat.

Manfaat sup rumput laut Korea

Sup rumput laut Korea tidak hanya memiliki rasa lezat, tapi juga punya manfaat untuk kesehatan, yakni:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Dikutip dari Healthline, rumput laut merupakan sumber serat yang baik, yang bisa membantu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus.

2. Mengandung antioksidan

Rumput laut mengandung sejumlah antioksidan seperti vitamin C dan E, yang bisa membantu melawan stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis. Selain itu, rumput laut mengandung berbagai macam senyawa tanaman yang bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid. Senyawa-senyawa ini telah terbukti mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Mendukung fungsi tiroid

Kandungan yodium yang tinggi dalam rumput laut dapat mendukung fungsi tiroid, yang sangat penting untuk mengatur metabolisme, tingkat energi, dan keseimbangan hormon, yang berperan penting dalam produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Rumput laut juga mengandung tirosin, asam amino yang bekerja bersama yodium untuk membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan baik.

4. Menurunkan berat badan

Kandungan serat di dalam rumput laut diketahui bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan dan mendukung penurunan berat badan.

Rumput laut juga memiliki efek antiobesitas. Sebuah penelitian di dalam jurnal Nutrients menunjukan bahwa rumput laut mengandung senyawa fucoxanthin yang diketahui bisa membantu mengurangi lemak tubuh dan mengurangi berat badan. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan manfaat rumput laut untuk menurunkan berat badan ini.

5. Mengontrol kadar gula darah

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Medicinal Chemistry mengungkapkan bahwa senyawa fucoxanthin dalam rumput laut terbukti dapat mengontrol kadar gula darah. Penelitian ini juga menemukan bahwa zat lain dalam rumput laut yang disebut alginat diketahui mampu mencegah lonjakan kadar gula darah. Kedua senyawa inilah yang akan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Itulah resep sup rumput laut Korea yang lezat dan mudah dibuat di rumah serta manfaatnya buat kesehatan. Anda bisa menikmati sup rumput laut Korea kapan saja yang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Krdicmedia.korean.go.kr)