Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Sebelum Mengunggah Foto Si Kecil di Media Sosial

Sebelum Mengunggah Foto Si Kecil di Media Sosial

Sebagai orangtua, Anda pasti sangat gemar mengunggah foto Si Kecil ke setiap akun sosial media yang dimiliki. Namun Anda perlu berhati-hati sebab internet merupakan dunia maya yang berisikan oknum-oknum tertentu yang dapat mengancam keamanan serta keselamatan Si Kecil dan keluarga Anda. Dilansir melalui Popsugar, selain selektif memilih teman serta mengatur album foto Anda tidak boleh dilihat bebas oleh seluruh orang, ada beberapa foto yang perlu dipertimbangkan sebelum diunggah.

 

1. Foto anak orang lain
Walaupun Si Kecil ikut serta dalam foto bersama teman-temannya, Anda tetap harus meminta izin terlebih dahulu kepada orangtua teman-temannya sebelum foto tersebut diunggah ke sosial media Anda. Hormatilah keputusan mereka jika mereka kurang nyaman dan tidak menyetujui keinginan Anda.

 

2. Foto sekolah Si Kecil
Menurut para orangtua, sekolah adalah tempat teraman ke-2 setelah rumah. Akan tetapi sekolah bisa menjadi tempat berbahaya jika Anda menyebarluaskan foto-foto Si Kecil saat berada di sekolah disertai dengan nama sekolahnya. Jadi, sebaiknya sembunyikan nama sekolah, lokasi, atau kelas Si Kecil agar ia aman dari incaran para penjahat.

 

3. Foto telanjang
Alasan mengapa foto yang satu ini layak dipertimbangkan untuk diunggah atau tidak sebenarnya cukup jelas. Meskipun Si Kecil sangat lucu saat bermain di dalam bak mandinya dan Anda ingin membaginya kepada teman-teman di sosial media, bisa jadi foto-foto tersebut jatuh ke tangan yang salah, misalnya kepada para fedofilia. Hati-hati ya, Moms.

 

4. Foto beserta nama lengkap Si Kecil
Ada beberapa orangtua yang senang mengunggah foto rapor atau sertifikat saat Si Kecil menjuarai kompetisi tertentu. Kalau Anda salah satunya, akan lebih baik jika mulai dari sekarang blur bagian nama lengkap atau hilangkan saja dari foto demi keamanan Si Kecil.

 

5. Foto yang sekiranya membuat Si Kecil tidak nyaman
Pernahkah Anda merasa malu saat orangtua Anda menunjukkan foto masa kecil Anda saat ada tamu yang datang ke rumah? Kalau pernah, sekarang mulailah berpikir dari sisi Si Kecil. Jangan sampai sekarang atau di masa depan ia merasa malu dan sedih dengan foto-foto yang terpajang di sosial media Anda. Karenanya, pertimbangkan dulu perasaan Si Kecil sebelum mengunggah foto-fotonya. (Sagar/DT/Dok. Popsugar)