Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara

Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara dapat menyerang siapa saja tanpa disadari. Meski begitu Moms tidak perlu cemas, sebab penyakit ini dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat dan teratur. Inilah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan.

 

Olahraga
Olahraga adalah kegiatan yang paling efektif untuk menangkal kanker, termasuk kanker payudara. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sejalan dengan meningkatnya aktivitas, risiko kanker payudara akan berkurang. Olahraga juga disebut dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh yang merupakan zat pemicu kanker.

 

Mengurangi Lemak Jenuh
Lemak jenuh yang terkandung dalam daging, mentega, atau makanan yang terdapat kandungan susu full cream dapat berisiko lebih besar memicu terjadinya kanker payudara. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, seperti berbagai jenis ikan dan minyak zaitun, mampu membantu mencegah kanker payudara.

 

Menghindari Rokok & Alkohol
Banyak penelitian menjabarkan kalau semakin banyak wanita mengonsumsi alkohol akan semakin besar pula risiko ia terkena kanker payudara. Hal ini terjadi dikarenakan alkohol bisa meningkatkan kadar estrogen di dalam darah. Rokok juga tidak memiliki manfaat apapun bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi mulailah menyayangi tubuh Anda dengan menghindari keduanya.

 

Sinar Matahari
Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang mampu membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi risiko kanker. Untuk itu, sediakanlah waktu berjalan dan berjemur di bawah sinar matahari sekitar 20 menit dalam sehari. (RL/Sagar/DT/Dok. M&B)

 

Untuk mengetahui cara mencegah kanker payudara yang lainnya, cek di majalah Mother&Baby Indonesia edisi November 2014 ya, Moms!