Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Gerakan Balita 1-2 Tahun

Gerakan Balita 1-2 Tahun

Ada banyak gerakan yang sudah bisa balita Anda lakukan, seperti berguling, merangkak, atau bergeser dengan metodenya sendiri. Namun, di ulang tahun pertamanya, ia akan mulai melangkah. “Rata-rata balita akan melangkah untuk pertama kalinya di usia 1,1 tahun, meski begitu keahlian ini biasa dilakukan dalam rentang usia 9 bulan hingga 1,5 tahun,” ujar pediatrik Dr. Scott Dunlop.

 

Ia menambahkan, bila balita yang normal masih belum dapat berjalan di usia 1,5 tahun, ada kemungkinan orangtuanya juga mengalami lambat berjalan dan menurun kepadanya. Namun kalau Anda khawatir, Dr. Scott menyarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter.

 

Terapis fisik Peter Walker mengungkapkan perkembangan pada bayi berbeda-beda dan menyarankan Anda membiarkan ia berkembang dengan caranya sendiri. “Si Kecil mungkin belum mulai berjalan seperti teman-temannya, namun bisa jadi keahlian motorik halusnya lebih baik atau ia lebih cepat bicara,” tuturnya seperti dilansir dari M&B Australia.

 

Di usia setahun, Si Kecil akan mengasah keahliannya untuk memegang objek menggunakan jemarinya. Hobi barunya yaitu berusaha menyuap makanannya sendiri atau mengambil pensil warna dan mulai mencorat-coret. Ia pun mulai menunjuk banyak hal mengikuti gestur orang dewasa. Di saat inilah Anda dapat memberitahu apa yang ia tunjuk agar memperkaya kosa katanya. Tidak hanya itu, ia juga mulai belajar untuk memanjat atau merambat di sofa, menjatuhkan atau melemparkan mainannya untuk melihat ke mana arah tujuan benda-benda tersebut, serta memegang 2 benda di tangan kanan dan kirinya dalam waktu yang bersamaan.

 

Saat usia 2 tahun, keahlian bicaranya akan berkembang sehingga mampu berbicara kalimat yang sederhana, seperti, “Ayah kerja.” Jadi jangan heran kalau ia mulai bertingkah selayaknya orang dewasa karena sudah bisa bicara dan berjalan mengitari seluruh ruangan di rumah ya, Moms. (Sagar/DT/Dok. M&B)