Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengatasi Infeksi Mata

Mengatasi Infeksi Mata

Infeksi pada mata atau dalam istilah medisnya disebut conjunctivitis adalah salah satu infeksi yang mudah menular pada anak-anak. Radang pada selaput yang melapisi bola mata dan bagian dalam kelopak mata ini dapat muncul karena infeksi virus atau bakteri, serta terkadang disertai gejala flu.

Beberapa gejala penyakit ini adalah salah satu atau kedua mata tampak kemerahan, terasa perih, dan berair. Jika disebabkan karena infeksi bakteri, muncul 'belek' berwarna putih atau kekuningan. Keesokan harinya, mata pun susah dibuka dan kelopak mata membengkak. Mata menjadi terasa gatal, sehingga cenderung digosok-gosokkan. Anda dapat mencoba cara berikut ini untuk mengurangi dan mengatasi infeksi pada mata Si Kecil.

1. Bersihkan mata Si Kecil secara rutin. Cuci tangan Anda, celupkan kapas ke dalam air matang yang telah didinginkan, lalu peras. Usapkan secara lembut dari bagian dalam mata ke bagian luar. Ganti kapas dengan kapas bersih yang baru untuk membersihkan mata sebelahnya. Pastikan Anda telah mencuci tangan setelah membersihkan mata Si Kecil.

2. Pisahkan handuk yang digunakan Si Kecil dengan handuk milik anggota keluarga lainnya. 

3. Usahakan ia tidak mengusap-usap mata. Jika ia tidak sengaja melakukannya, segera cuci tangannya.

4. Segera bawa Si Kecil ke dokter jika matanya semakin membengkak.

5. Terkadang dokter menganjurkan untuk membersihkan mata bayi tersebut dengan kapas yang dibasahi ASI. Anda juga dapat mencobanya, tetapi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. (Aulia/dok.M&B)