Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Vitamin D Kurangi Sakit Persalinan

Vitamin D Kurangi Sakit Persalinan

Menjelang hari persalinan, nampaknya Anda perlu lebih banyak berjemur di pagi hari, atau menambahkan asupan vitamin D dalam pola makan Anda. Menurut sumber M&B UK, beberapa penelitian baru-baru ini menemukan ibu hamil yang kekurangan vitamin D cenderung mengalami persalinan yang lebih menyakitkan.

 

Penelitian tersebut mengukur kadar vitamin D dari 93 ibu hamil yang menjalani epidural selama persalinan. Para ahli kemudian mengamati berapa banyak obat penghilang rasa sakit yang dibutuhkan para wanita tersebut selama persalinan. Para ahli yang juga melakukan presentasi dalam American Society of Anesthesiologists meeting, mengungkap bahwa ibu dengan kadar vitamin D yang rendah membutuhkan obat penahan rasa sakit lebih banyak, dibanding dengan ibu dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi.

 

“Selama hamil, ibu seringkali kurang memerhatikan asupan vitamin D, sehingga kadarnya lebih rendah. Ternyata, kami juga menemukan bahwa pasien dengan kadar rendah vitamin D ternyata mengalami peningkatan rasa sakit saat melahirkan. Melihat hasil penelitian tersebut, penambahan kadar vitamin D pada ibu hamil mungkin memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan nyeri persalinan jutaan wanita setiap tahunnya," ungkap Dr. Andrew Geller, peneliti senior dalam penelitian.

 

Vitamin D bisa ditemukan dalam sejumlah makanan, seperti jenis ikan berminyak, telur, sereal, dan susu. Anda juga dapat meningkatkan kadar vitamin D yang didapat dari sinar matahari, dengan menghabiskan waktu di luar rumah, atau berjemur di pagi hari. Departemen Kesehatan di Inggris bahkan merekomendasikan agar semua wanita hamil dan ibu menyusui mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 mikrogram vitamin D. (Aulia/DT/dok.M&B)