Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sukses Bekerja di Rumah

Sukses Bekerja di Rumah

Masalah utama seorang ibu bekerja adalah waktu yang kurang fleksibel. Karena itu, banyak ibu yang memutuskan untuk mengambil pekerjaan sebagai freelance, atau usaha bisnis lain yang bisa dikerjakan dari rumah, dengan waktu yang lebih fleksibel. Meskipun hanya bekerja di rumah, sangat besar peluang Anda untuk sukses. Berikut tips sukses untuk para ibu yang bekerja di rumah.

 

1. Siap Memulai Hari
Tidak hanya saat bekerja di kantor, meskipun bekerja di rumah Anda juga harus menyiapkan penampilan diri yang lebih baik sebelum mulai menyentuh pekerjaan Anda. Setelah bangun dari tempat tidur, bergegaslah mandi, berganti pakaian, serta sarapan pagi, akan mengubah mood Anda menjadi lebih produktif dan semangat bekerja, dibanding jika Anda memulai pekerjaan saat masih memakai baju tidur. Persiapan yang Anda lakukan di pagi hari akan meningkatkan mood bekerja, walaupun hanya di rumah.

 

2. Sediakan Ruangan Kerja Pribadi
Jika di sudut rumah Anda ada area kosong, sediakan sedikit space untuk ruangan kerja pribadi Anda yang terbebas dari gangguan anak-anak. Mandy Garner, editor situs Working Mums di Inggris mengatakan, beberapa orang merasa perlu membuat 'sekat' antara urusan pekerjaan dengan kehidupan keluarga, bahkan jika mereka bekerja di rumah. Selain itu, ruangan khusus untuk bekerja di rumah juga akan meningkatkan semangat bekerja Anda seperti di kantor, serta mengurangi risiko dari gangguan anak Anda.

 

3. Siapkan Koneksi Internet
Saat ini, hampir semua jenis pekerjaan membutuhkan koneksi internet yang memadai. Jadi, saat Anda memutuskan untuk mulai bekerja di rumah, siapkan koneksi internet dengan modem pribadi atau wifi di rumah. Koneksi internet ini akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

 

4. Tetap Bersosialisasi
Walaupun Anda bekerja dari rumah, jangan menutup atau membatasi hubungan sosial Anda. Cobalah untuk keluar rumah setidaknya sekali dalam sehari, dan berinteraksi dengan orang lain. Untuk mengatasi kejenuhan, Anda juga bisa mencoba bekerja di luar rumah dengan membawa laptop dan perangkat kerja lainnya. Misalnya, bekerja di sebuah kedai kopi sambil menikmati udara di luar akan menciptakan suasana baru.

 

5. Minta Bantuan
Jika Anda sedang sangat sibuk bekerja, jangan sungkan untuk meminta bantuan anggota keluarga lainnya yang ada di rumah atau tetangga terdekat Anda untuk membantu mengasuh Si Kecil di rumah.

 

6. Tentukan Target
Meskipun Anda melakukan pekerjaan di rumah, Anda tetap harus memiliki target untuk menyelesaikannya. Tantangan Anda sekarang adalah bagaimana membagi waktu antara pekerjaan dengan pengasuhan Si Kecil di rumah. Tentukan target waktu kapan Anda harus menyelesaikan pekerjaan rumah dan pekerjaan Anda, agar bisa menilai sejauh mana pencapaian target pekerjaan Anda. (Aulia/DT/dok.M&B)