Type Keyword(s) to Search
TODDLER

5 Penyakit Anak Sekolahan

5 Penyakit Anak Sekolahan
penyakit anak sekolah

Menurut Debra Best, M.D, asisten profesor pediatri dari Duke University Medical Center, ada berbagai macam virus, bakteri, atau pun kuman yang siap menyerang Si Kecil selama di sekolah. Cara paling sederhana untuk menghindari serangan tersebut adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Berikut daftar 5 penyakit yang paling banyak menulari anak-anak saat berada di sekolah.

 

Impetigo
Impetigo merupakan infeksi pada kulit berupa lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah. Penyakit ini paling sering menyerang anak-anak yang kebersihannya kurang terjaga dan bisa menginfeksi seluruh bagian tubuh, namun paling banyak ditemukan pada tungkai, wajah, serta lengan. Impetigo biasanya juga muncul setelah terjadinya infeksi saluran pernapasan atas, seperti flu atau infeksi lainnya.

 

Radang Tenggorokan
Radang ini terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan bakteri streptokokus pada tenggorokan dan amandel. Radang tenggorokan menyerang secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa sakit yang sangat parah di tenggorokan. Biasanya juga disertai demam, tetapi tanpa batuk dan hidung tersumbat. Jika tidak dirawat dengan tepat, radang tenggorokan bisa menyebabkan komplikasi, seperti peradangan ginjal dan demam rematik.

 

Cacar Air
Gejala awal cacar air ditandai dengan demam dan atau sakit tenggorokan. Setelah itu, akan muncul bintik-bintik yang menyerupai jerawat kecil atau gigitan serangga. Bintik tersebut umumnya terlihat pertama kali di sekitar perut Si Kecil atau bagian punggungnya. Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster dan umumnya menyerang anak mulai usia 9 bulan ke atas.

 

Meningitis
Penyakit ini ditandai dengan timbulnya demam, sakit kepala, leher kaku, muntah, dan penderita tampak kebingungan. Meningitis dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun, kebanyakan orang menderita meningitis karena terinfeksi virus dan lebih mudah disembuhkan, dibandingkan meningitis karena bakteri yang bisa menyebabkan kematian. Satu-satunya cara untuk membedakan penyebab meningitis adalah dengan melakukan tes cairan tulang belakang. Karenanya, segera hubungi dokter jika Anda melihat gejala meningitis pada Si Kecil.

 

Flu Singapura (Penyakit Mulut, Tangan, dan Kaki)
Flu singapura sangat menular dan terjadi sepanjang tahun, terutama saat musim panas. Penyakit ini ditandai dengan demam tidak tinggi selama 2-3 hari disertai sakit leher, kehilangan nafsu makan, flu, ruam di bagian mulut, tangan, dan kaki, serta bokong. Setelah itu, akan muncul ruam dan semacam sariawan di mulut sebanyak 3-10 buah hingga penderita mengalami kesulitan menelan. Flu singapura disebabkan oleh virus dan pada jenis tertentu, gejala yang ditimbulkan bisa lebih parah, seperti sesak napas hingga kejang. (Dina Christin/Dok. Freedigitalphotos)