Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Menjadi Bos yang Baik

Tips Menjadi Bos yang Baik

Selain harus menguasai sistem yang ada di perusahaan, seorang pemimpin juga harus mampu bersosialiasi dengan baik untuk meningkatkan hubungan dengan rekan kerja. Banyak tantangan bagi wanita karier yang sekaligus menjadi pemimpin dalam perusahaan atau organisasinya. Namun, menjadi pemimpin wanita juga merupakan kesempatan yang baik bagi Anda untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman kerja. Ada beberapa karakter yang akan mendukung karier Anda untuk menjadi the best woman leader.

 

Supel
Bertemu dengan banyak orang baru tentunya bukan menjadi hal yang asing lagi bagi seorang pemimpin wanita. Oleh karena itu sebagai leader, Anda perlu mempunyai karakter yang fleksibel dalam bergaul dan berorganisasi. Seorang pemimpin yang luwes akan lebih disukai oleh para rekan kerja.

 

Tegas
Seringkali pemimpin wanita dianggap kurang tegas dibanding dengan pemimpin laki-laki. Untuk itu sebagai pemimpin yang baik, jauhkan kebiasaan 'plinplan' dan berikan jawaban yang konsisten dalam berbagai hal.

 

No Moody!
Mood yang tidak menentu kerap terjadi pada wanita, misalnya ketika tamu bulanan datang. Kendalikan sebisa mungkin dan berpikirlah bahwa Anda berada di posisi yang mengharuskan Anda bersikap profesional. Pemimpin yang baik tidak mencampurkan urusan perusahaan dengan masalah pribadinya.

 

Genderless Mind
Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, Anda perlu bekerja profesional tanpa mempermasalahkan jenis kelamin. Buang jauh keinginan untuk diperlakukan secara khusus karena Anda adalah wanita.

 

Hidup Seimbang
Seimbang dalam hal ini berarti Anda perlu menyeimbangkan pekerjaan anda dengan kehidupan Anda. Sediakan waktu untuk keluarga dan diri sendiri. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan, oleh karena itu pikiran juga harus tetap segar. Luangkan lah waktu untuk berolahraga dan bermain bersama keluarga.

 

Jujur
Ketika bertanggung jawab mengepalai sebuah tim, itu artinya Anda mendapatkan kepercayaan dari banyak orang. Tim Anda adalah refleksi dari diri Anda sendiri. Dan jika Anda menempatkan kejujuran dan etika menjadi nilai utama, tim Anda akan berlaku yang sama.

 

Komitmen
Jika Anda berharap tim Anda bekerja keras dan menghasilkan sesuatu yang berkualitas, berilah contoh pada mereka. Komitmen yang Anda lakukan tidak hanya mendatangkan rasa hormat, tapi juga membuat tim Anda memiliki energi yang sama dengan Anda.

(RL/DT/dok. freedigitalphotos)