Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rahasia Hidup Bahagia (1): Cintai Diri Sendiri

Rahasia Hidup Bahagia (1): Cintai Diri Sendiri
Bahagia

Permasalahan rumah tangga, Si Kecil yang butuh perhatian ekstra, dan pekerjaan kantor yang tak ada habisnya, seringkali membuat Anda terbebani dan tidak bahagia. Anda pun terus mengeluh dan menjadi stres dalam menjalani kehidupan. Saatnya Anda mengetahui segala rahasia untuk meraih kebahagiaan, seperti berikut ini.

 

Cintai Diri Sendiri
Penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan, Amerika menyebutkan kepuasan terhadap diri sendiri merupakan kunci dari sebuah kebahagiaan. Rasa puas tersebut membuat seseorang mampu menerima dirinya dengan baik, sehingga dapat menjalani hidup dengan bahagia. Untuk meraih kepuasan, Anda harus bisa mencintai diri sendiri. Caranya? Berikan penghargaan terhadap apapun yang telah Anda lakukan, tentunya dalam konteks yang positif dan realistis. Jangan menghakimi diri sendiri dengan selalu melakukan perbandingan dengan orang lain, sebab itu hanya akan membuat Anda merasa semakin terbebani dan tidak berharga. Fokuslah dalam mencapai tujuan, agar Anda dapat terus meningkatkan level kepuasan terhadap diri sendiri.

 

Optimis
Sikap optimis membuat seseorang mampu memandang kehidupan dengan lebih positif dan penuh kebahagiaan. Maka, berhentilah berkata ‘tidak bisa’ ketika dihadapkan pada suatu tantangan dan ‘tidak mampu’ saat masalah datang kepada Anda. Optimisme juga akan membuat hidup terasa jauh lebih berwarna, karena Anda memiliki banyak hal yang ingin dicapai dan diwujudkan. Berbagai penelitian pun membuktikan bahwa seseorang yang optimis akan jauh lebih sehat daripada mereka yang pesimis. Seorang yang pesimis ketika mengalami suatu kejadian kurang menyenangkan akan dengan mudah terserang demam, sakit tenggorokan dan flu. Sementara, seorang yang optimis memiliki daya tahan tubuh yang baik dan bahkan, bisa lebih cepat pulih dari penyakit kanker atau setelah operasi.

 

Terbuka
Paul Costa dan Robert McCrae peneliti dari National Institute of Aging mengatakan seseorang yang memiliki sifat terbuka biasanya lebih ceria dan memiliki semangat tinggi. Dua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menciptakan kebahagiaan dan meraih kepuasaan dalam hidup. Ia juga biasanya lebih percaya diri ketika berhadapan dengan lingkungan baru dan mampu membuat orang-orang di sekitar menerima keberadaannya dengan baik. Ia memiliki hubungan pertemanan yang sangat luas dan sangat aktif dalam berbagai aktivitas sosial. Hal itu membuat ia menerima banyak kasih sayang, yang menjadi dasar untuk dapat menikmati kehidupan.

 

Materi Bukan yang Utama
Uang mungkin membuat Anda bisa memiliki baju yang bagus, rumah, kendaraan dan barang mewah lainnya, tetapi uang tidak akan bisa membeli kebahagiaan. Uang hanya memberi kebahagiaan semu, apalagi kalau Anda menggunakannya agar bisa mendapatkan penghargaan dari orang lain. Lebih baik manfaatkan uang yang Anda miliki untuk membantu meringankan hidup orang lain. Hal itu pasti akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan menghargai segala yang telah dimiliki. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)