Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Olahraga untuk Tulang Sehat

Olahraga untuk Tulang Sehat

Tulang yang menyangga tubuh memiliki umur kepadatan. Rata-rata usia optimal kepadatan tulang adalah 20 hingga 30. Melewati usia tersebut, kepadatan tulang akan semakin menurun, yang biasanya disebut osteoporosis. Selain karena faktor usia, penurunan kepadatan tulang juga dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti merokok, mengonsumsi minuman alkohol, terlalu banyak mengonsumsi kafein atau makanan yang mengandung garam tinggi, serta kurang berolahraga. Agar tulang tidak mudah keropos, selain menerapkan pola hidup yang sehat, berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan.

 

Kardio
Berlari, melompat, dan berjalan mampu memberikan tekanan pada tulang yang akan mendorong pembentukan kepadatan tulang. Tak punya waktu khusus untuk berlari, jogging, atau skipping? Lakukan dengan naik turun tangga selama berada di kantor.

 

Latihan Beban
Selain membesarkan massa otot tubuh, berlatih beban juga bagus untuk menjaga kepadatan tulang. Coba mulai melakukan latihan beban 2-3 kali dalam seminggu.

 

Yoga atau Pilates
Yoga dan pilates merupakan jenis latihan kelenturan tubuh. Ketika fleksibiltas tubuh semakin baik, manfaatnya bagi tulang akan semakin baik pula.

 

(OCH/ Dok. Free Digitalphoto)