Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Balita Belajar Lewat Lagu

Balita Belajar Lewat Lagu

Bagi balita, lagu jauh lebih menyenangkan daripada flashcards dan dapat mengajarkannya banyak informasi serta keterampilan penting. Sebagai contoh, bernyanyi lagu ABC bisa membantunya belajar abjad, lagu ‘satu-satu aku sayang ibu’ membuatnya belajar berhitung, dan lagu ‘kepala pundak lutut kaki’ mengajarkannya tentang anatomi tubuh.

 

Dari berbagai lagu yang Anda nyanyikan, ia akan bersemangat untuk menghapalnya dan bernyanyi bersama Anda. Nyanyikan lagu-lagu tersebut berulang kali, sebab mengulang merupakan kunci Si Kecil belajar memelajari sesuatu. Dilansir melalui Kids Health, hal penting yang perlu Anda ingat adalah Si Kecil belum mengerti betul bagaimana cara membaca atau mengerti musik. Ia tidak bernyanyi sesuai dengan nada yang seharusnya, namun akan bereksperimen dengan berbagai nada. Karenanya, jangan langsung mengoreksinya jika lagu ‘nina bobo’ terdengar agak sedikit aneh di telinga Anda.

 

Setelah ulang tahun pertamanya, Si Kecil pun akan memelajari bagaimana menstabilkan irama lagu dan mengkoordinasikan gerakan, yang nantinya keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk memulainya belajar matematika dan membaca. Jadi, bantu ia mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut dengan cara menghentak-hentakkan kaki Anda mengikuti lagu atau melantunkan lagu yang liriknya sederhana. (Sagar/DT/Dok. M&B)