Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jangan Menyilangkan Kaki Saat Duduk!

Jangan Menyilangkan Kaki Saat Duduk!

Ketika sedang duduk, baik saat makan atau sedang bekerja, secara tidak sadar Anda akan menyilangkan kaki. Kebiasaan yang sering Anda lakukan ini ternyata disebut para ahli memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Dilansir melalui Yahoo, inilah 4 alasan mengapa Anda harus menghentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang.

 

1. Menyebabkan Sakit Punggung dan Leher

Menurut Vivian Eisenstadt, seorang orthopedic physical therapist, menyilangkan kaki saat duduk akan mengakibatkan nyeri di area punggung dan leher. Duduk dengan salah satu kaki menyilang membuat pinggul Anda dalam posisi memutar, yang akhirnya menimbulkan rotasi pada tulang panggul Anda. Karena panggul merupakan dasar untuk menyokong tulang belakang, ketika panggul mengalami rotasi dan tidak stabil akan memberikan penekanan pada leher serta area punggung tengah sampai ke bawah. Semakin lama Anda duduk dalam posisi tersebut, semakin besar pula tekanan di tulang belakang sehingga mengakibatkan masalah kesehatan. Karenanya, Vivian menganjurkan sebisa mungkin Anda duduk dengan bagian lutut dan pergelangan kaki membentuk sudut 90 derajat. Jadi, kedua kaki Anda bertumpu di lantai.

 

2. Berhubungan Dengan Munculnya Urat-urat Halus (Spider Veins)

Setiap orang, khususnya wanita, tentu tidak menginginkan spider veins muncul di kulit. Kendati demikian, berdasarkan data dari U.S Department of Health and Human Services, sekitar 55 persen wanita dan 45 persen pria di Amerika mengalami masalah ini. Sebagian dokter menyebutkan spider veins ada hubungannya dengan duduk menyilangkan kaki. Hooman Madyoon, MD., cardiologist di Cedars Sinai Medical Center, AS, menjelaskan bahwa dengan menyilangkan kaki saat duduk akan memberikan tekanan pada urat nadi yang bertugas mengembalikan darah ke arah jantung. Posisi duduk ini kemudian menghambat aliran darah, sehingga melemahkan atau merusak urat nadi di sekitar kaki Anda. Apabila urat nadi mengalami pelemahan dan kerusakan, darah akan berkumpul lalu mengakibatkan munculnya spider veins.

 

3. Meningkatkan Tekanan Darah

Fakta ini cukup mengejutkan, sebab ternyata duduk menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat untuk sementara waktu. Darah yang berkumpul di bagian kaki akan dipompa kembali menuju jantung. Karena harus melawan gravitasi, tugas ini cukup sulit bagi tubuh Anda. Ketika Anda menyilangkan kaki saat duduk, aliran darah akan semakin sulit naik ke jantung dan tubuh pun secara otomatis akan meningkatkan tekanan darah Anda untuk membantu mendorong darah. Walaupun sifatnya hanya sementara, bila terus-terusan terjadi akan menjadi masalah di masa depan.

 

4. Mengganggu Saraf di Bagian Kaki

Tidak hanya berdampak pada aliran darah, menyilangkan kaki saat duduk juga memengaruhi urat nadi serta saraf di kaki maupun telapak kaki Anda. Richard Graves, podiatrist yang ahli di bidang masalah ekstremitas bagian tubuh bawah, menerangkan posisi duduk yang salah ini mampu menekan saraf peroneal, yaitu saraf terbesar di kaki yang melewati bagian bawah lutut dan di sepanjang luar kaki Anda. Tekanan tersebut mengakibatkan mati rasa ataupun kelumpuhan sementara pada otot-otot di kaki, sehingga membuat Anda tidak dapat mengangkat pergelangan kaki, atau yang kerap dikenal dengan sensasi kesemutan. Masalah yang dirasakan akan berdampak jangka panjang bila tidak segera dihentikan. Maka dari itu, mulailah hentikan kebiasaan duduk dengan posisi menyilangkan kaki. Atau jika Anda sudah sangat terbiasa, duduklah dalam posisi kedua kaki bertumpu di lantai setiap 2-4 menit sekali. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)