Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Mewarnai Penting untuk Perkembangan Anak

Mewarnai Penting untuk Perkembangan Anak
mewarnai

Kegiatan mewarnai selain membuat Si Kecil mengenal berbagai macam warna dan mengaktualisasikan diri pada bidang seni, juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti:

 

Sarana Berekpresi
Dengan memberikan kertas kosong, membiarkan Si Kecil menggambar sesuatu, dan mewarnainya dapat menunjukkan perasaannya saat itu, apakah senang, sedih, atau gundah. Penting pula baginya mengetahui bahwa Anda memberinya kesempatan untuk mengekspresikan perasaan lewat karya seni.

 

Melatih Koordinasi
Saat mewarnai diperlukan koordinasi yang baik antara mata dan tangan, mulai dari menggenggam pensil warna, menorehkannya pada gambar, dan lainnya. Kemampuan dasar inilah yang kemudian akan mengembangkan kemampuan koordinasi Si Kecil.

 

Mengembangkan Kemampuan Motorik
Kegiatan mewarnai adalah aktivitas yang sangat baik untuk meningkatkan kerja otot tangan dan erat hubungannya dengan perkembangan kemampuan motorik Si Kecil. Kemampuan tersebut sangat penting untuk menunjang semua kegiatan yang akan dilakukannya sehari-hari.

 

Membantu Meningkatkan Konsentrasi
Ketika Si Kecil sibuk mewarnai lembar gambar yang Anda berikan, ia akan tetap fokus meski banyak orang yang melakukan kegiatan lain di sekitarnya. Hal itu terjadi karena ia merasa terpacu untuk memenuhi gambar yang dimiliki dengan berbagai macam warna dan membuatnya mampu berkonsentrasi penuh. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)