Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Wanita Obesitas Berisiko Lebih Tinggi Terkena Kanker

Wanita Obesitas Berisiko Lebih Tinggi Terkena Kanker

Mulai sekarang Anda perlu mewaspadai pertambahan berat badan Anda ya, Moms. Sebab, berdasarkan data statistik dari badan Cancer Research UK, 1 dari 4 wanita obesitas mengalami risiko kanker. Jadi, wanita yang menderita obesitas memiliki 40 persen risiko lebih tinggi terkena setidaknya 7 tipe kanker, seperti kanker usus, payudara, ginjal, pancreas, kantung empedu, esophagus, dan rahim.

 

Dilansir melalui Daily Mail, dalam kelompok yang terdiri dari 1.000 wanita obesitas, 274 di antaranya didiagnosis berat badannya berhubungan dengan kanker selama masa hidupnya. Walaupun ada banyak pandangan bagaimana obesitas bisa memengaruhi ketinggian tingkat risiko kanker, salah satu kemungkinannya adalah berhubungan dengan produksi hormon sel-sel lemak.

 

DrJulie Sharp dari Cancer Research UK menjelaskan, “Menurunkan berat badan tidak mudah, namun Anda tidak harus selalu pergi ke gym dan berlari ratusan meter setiap hari atau melakukan diet. Cukup mengubah perilaku-perilaku kecil akan dapat mengatur perkembangan berat badan Anda. Sebagai permulaan, mulailah berjalan menuju halte bus dan memilih naik transportasi umum serta mengurangi makan makanan yang berlemak dan mengandung gula.”

 

Selain itu, mulailah mengganti lifestyle Anda, misalnya dengan tidak merokok, menjaga berat badan, tidak mengonsumsi alkohol, akan sangat mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker. Buat perubahan ini bukan hanya ajang untuk menghindari kanker, tetapi untuk memulai perilaku hidup sehat. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)