Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Satu Jam Pertama Ibu Bekerja

Satu Jam Pertama Ibu Bekerja
Wanita Karir

Kegiatan yang Anda lakukan untuk memulai hari, khususnya pada 1 jam pertama, sangat memengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja. Maka, gunakanlah waktu tersebut secara tepat dan efektif. Orang-orang sukses, seperti David Karp, penemu Tumblr; Tony Robbins, motivator; Brian Tracy, career writer dan penulis buku Eat That Frog!; serta Steve Jobs, CEO Apple, memiliki trik tersendiri dalam menggunakan 1 jam pertama mereka. Trik itulah yang kemudian mengantar mereka meraih kesuksesan luar biasa dalam berkarir. Apa saja triknya?

 

Bersyukur
Ada sebuah pertanyaan sederhana yang sering dilontarkan banyak orang, yaitu bagaimana cara orang sukses memulai hari mereka? Tony Robbins mengatakan seseorang yang sukses pasti akan memulai harinya dengan bersyukur. Anda pun bisa melakukannya dengan menciptakan suasana tenang selama 10 menit dan pikirkanlah hal-hal yang membuat Anda bersyukur.

 

Tidak Mengecek Email
David Krap mengaku berusaha keras untuk tidak mengecek email sebelum pukul 09.30-10.00. “Membaca email saat masih berada di rumah, sangatlah tidak produktif dan merusak fokus. Kalau ada urusan penting, seseorang bisa langsung menelepon saya,” ujar David. Daripada mengecek email, lebih baik Anda langsung bersiap-siap untuk berangkat ke kantor atau membuat to-do-list pekerjaan di hari itu.

 

Tentukan Tujuan
Sebelum melakukan pekerjaan, tanyakan terlebih dahulu pada diri Anda tentang konsekuensi apa saja yang mungkin terjadi, jika Anda menyelesaikan atau tidak menyelesaikan pekerjaan tersebut. Menurut Brian Tracy, hal itu penting untuk diketahui agar Anda juga bisa menemukan tujuan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut dan memahami pengaruhnya terhadap masa depan.

 

Harus Yakin
Melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai tentunya tidak akan menghasilkan apa-apa, baik untuk saat ini maupun beberapa tahun ke depan. Untuk menghindari hal itu terjadi pada dirinya, Steve Jobs memiliki ritual khusus setiap pagi sebelum memulai pekerjaannya. “Waktu umur 17 tahun, saya membaca quote yang bunyinya, 'hiduplah seolah-olah ini hari terakhirmu, agar kamu selalu ingin melakukan yang terbaik'.

 

Kalimat tersebut sangat melekat dalam diri saya, setidaknya selama 33 tahun setelahnya. Setiap pagi sebelum melakukan sesuatu, saya selalu berdiri di depan kaca dan bertanya pada diri sendiri: "Jika ini adalah hari terakhir saya hidup di dunia, apakah saya benar-benar yakin ingin melakukan pekerjaan yang harus dilakukan hari ini?” Apabila saya meragu dan menemukan banyak kata 'tidak' terhadap hal tersebut, saya akan menggantinya dengan rencana lain. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)