Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Konflik karena Pengasuhan Si Kecil

Konflik karena Pengasuhan Si Kecil

Menjadi orangtua baru memang tidak mudah. Anda dan pasangan akan seringkali bertengkar karena hal-hal sepele, termasuk tentang pola asuh Si Kecil. Pengalaman mengurus bayi memang membutuhkan banyak pengorbanan, termasuk kelelahan dan kurang tidur. Kedua faktor tersebut membuat emosi Anda tidak terkontrol.

 

Saat mengalami hal tersebut, bukan tidak mungkin Anda melampiaskan emosi kepada pasangan hingga menimbulkan pertengkaran. Belum lagi perbedaan pandangan tentang pola asuh yang tepat atau konflik dengan mertua. Apa saja perdebatan yang biasa dialami para orangtua baru dan bagaimana solusinya?

 

1. “Saya yang paling lelah”
Anda dan suami berdebat tentang siapa yang paling lelah. Berbagai perbandingan lain pun muncul, seperti siapa yang mengganti popok lebih banyak? Cobalah menerapkan pembagian tugas untuk Anda berdua. Jangan menunggu pasangan untuk berinisiatif karena kebanyakan pria tidak peka. Jika ia termasuk tipe seperti itu, mintalah secara langsung apa yang Anda inginkan, seperti meminta tolong untuk menjaga Si Kecil. Berkomunikasilah dengan baik jika ada yang keberatan dengan pembagian tugas yang ada.

 

2. “Saya ingin mengasuh Si Kecil dengan gaya saya sendiri”
Anda dibesarkan dengan pola asuh tertentu oleh orangtua Anda, sedangkan suami dibesarkan dengan pola asuh yang berbeda. Di awal hubungan, Anda berdua belajar menerima perbedaan yang ada, mulai dari karakter sampai kebiasaan. Ini saatnya juga bagi Anda menerima dan memahami ide pola asuh yang berbeda dari pasangan. Diskusikan dengan pasangan secara dewasa hingga menemukan solusi yang terbaik bagi Si Kecil.

 

3. “Mengapa saya menjadi nomor 2 sekarang?”
Anda sibuk sekali mengurus Si Kecil, hingga lupa mengenai pasangan. Akibatnya, ia mulai mengeluh kalau Anda tak lagi memerhatikannya. Dalam hati Anda pun mungkin menyadari hal ini. Menurut Aaron Balick, seorang psychotherapist asal Inggris, hubungan suami istri memang berbeda ketika Si Kecil lahir. Sebaiknya, Anda tak lupa meluangkan waktu untuk pasangan. Mintalah bantuan dari keluarga dekat untuk menjaga Si Kecil sementara Anda pergi berdua dengan suami. Buatlah kencan rutin bersama suami hingga Anda berdua selalu mesra.

 

Baca solusi lebih lengkap untuk mengatasi konflik karena pengasuhan Si Kecil di Mother&Baby edisi April 2015! (Vy/Aulia/dok.M&B)