Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Yuk, Ajak Si Kecil Bermain di Luar!

Yuk, Ajak Si Kecil Bermain di Luar!
sepeda

Akhir pekan telah tiba, saatnya Anda mengajak Si Kecil bermain di luar rumah. Membuat berbagai permainan seru di luar rumah tidaklah sulit dan peralatannya pun sangat sederhana. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan benda-benda yang dimiliki di rumah. Untuk menambah semangat, Anda boleh memberikan reward kepada Si Kecil jika ia berhasil menyelesaikan permainan dengan baik. Berikut beberapa ide permainan yang dapat dilakukan di luar bersama Si Kecil.

 

Senam Pinguin
Properti: Music player dan CD lagu ceria.
Cara Bermain:
Bangunkan Si Kecil di pagi hari dan ajak ia ke halaman rumah. Minta ia berpura-pura jadi pinguin dengan merapatkan kedua tangan ke tubuh dan menegakkan telapak tangan. Kakinya juga harus dirapatkan.
Ajarkan Si Kecil melakukan senam pinguin dengan memiringkan tubuh ke kanan dua kali dan kiri dua kali, lalu berputar. Ulangi beberapa kali. Setelah ia hapal, berikan kesempatan padanya untuk memimpin senam. Agar lebih seru putarkan lagu-lagu ceria dan minta ia bergoyang mengikuti iramanya.

 

Sepeda Bersih
Properti: Sepeda dan kantong plastik atau paper bag.
Cara Bermain:
Ajak Si Kecil bersepeda mengelilingi komplek perumahan Anda.
Buat peraturan bahwa siapapun yang menemukan sampah di jalan, harus menepikan sepedanya dan memungut sampah tersebut. Jika Si Kecil berhasil memenuhi kantong plastik atau paper bag-nya dengan sampah, maka ia berhak mendapat coklat kesukaannya.

 

Menyusun Nama
Cara Bermain:
Sebutkan nama Anda, misalnya: Sari.
Minta Si Kecil untuk menemukan benda di sekitar halaman rumah yang huruf depannya mengandung inisial nama Anda. Misalnya: Sandal, anggrek, rumput, ikan.
Tentukan waktu pencariannya, misalnya satu menit. Setelah berhasil, Anda dapat menggunakan nama lain yang lebih sulit sebagai tantangan selanjutnya.

 

Temukan di Mana
Properti: 5 mainan favorit Si Kecil.
Cara Bermain:
Sembunyikan mainan favorit Si Kecil di beberapa tempat di halaman rumah.
Berikan petunjuk kepadanya untuk menemukan benda tersebut. Misalnya: Benda ini bersembunyi di balik sesuatu yang wangi.
Saat berhasil menemukan, berikan Si Kecil pelukan dan minta ia menemukan mainan lainnya. (Dina Christin/DC/Dok. Freedigitalphotos)