Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Agar Anak Lancar Lafalkan Huruf R

Agar Anak Lancar Lafalkan Huruf R
agar lancar huruf R


Tanya:


"Hayley sudah mulai rajin berceloteh tetapi ia belum bisa mengucapkan huruf R dengan jelas. Bagaimana ya mengajarinya agar cepat lancar?"
-Trisha, ibu dari Hayley, 1,5-


Jawab:


Sambil Mengenal Burung


"Saya mengajari Lisa mengucapkan huruf R sambil mengajaknya bermain. Kebetulan setiap pagi, di atas rumah kami selalu ada burung yang terbang. Saya akan bilang padanya, "Lisa, lihat ada burung nuri terbang di pagi hari!" Karena pemandangan itu selalu ada setiap hari, setiap pagi pun saya mengajaknya berbicara seperti itu. Hasilnya, sekarang Lisa sudah mulai jelas mengucapkan R."

-Maslan Silitonga, ibu dari Lisa, 4-

 

Biasakan Banyak "R"


"Sejak baru mulai bisa berbicara, Daniel sangat suka berceloteh. Setiap kata yang terucap dari mulutnya selalu terdengar lucu, sehingga sering membuat saya tertawa. Agar ia fasih mengucapkan huruf R, saya mengajarinya mengucapkan kata-kata yang mengandung huruf R, seperti "Ular melingkar di pagar rumah." Atau mengajaknya bersorak "Hore, hore!" jika ia berhasil mengucapkan kalimat itu. Lama-lama, tanpa saya sadari ternyata Daniel telah lancar mengucapkan huruf R."

-Marini Esteria, ibu dari Daniel, 3-

 

Jangan Dicadelkan


"Semenjak Kamea masih berusia satu bulan, saya sudah mengajari ia agar dapat mengucapkan huruf R dengan menggunakan bahasa yang benar tanpa dicadelkan, entah itu melalui lagu, dongeng lucu, atau bahkan pengalaman saya sepulang kerja. Saya membahasakan semua kata sebagaimana mestinya, tidak lantas dilesapkan atau dicadelkan hanya karena ia belum bisa mengucapkannya. Saya yakin ini akan membuat Kamea terbiasa dan membantunya mengucapkan huruf R dengan benar."

-Ghazalia Anshora, ibu dari Sidney Aubrey Kamea, 5 bulan -