Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rutin Timbang Berat Badan Anda!

Rutin Timbang Berat Badan Anda!

Memiliki berat badan berlebih atau kegemukan hingga obesitas dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan, di antaranya ialah hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner, stroke, radang sendi, serta kanker.

 

Masalah ini biasanya terjadi karena seseorang tidak memerhatikan pola makan, stres, dan kurang banyak bergerak. Anda dapat mengetahui apakah Anda mengalami berat badan berlebih atau obesitas dengan menggunakan skala BMI (Body Mass Index). Indeks ini merupakan hasil perhitungan berat badan dalam kilogram yang dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. Hasilnya dikategorikan dalam beberapa hal :
1.Indeks 18,5 – 25 berarti berat badan ideal untuk pria dan wanita sehat
2.Indeks 25 – 29,9 berarti berat badan berlebih untuk ukuran tinggi Anda
3.Indeks lebih dari 30 berarti Anda mengalami obesitas.

 

Oleh karena itu, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK., menyarankan untuk selalu memantau berat badan Anda sebagai salah satu tips hidup sehat. Kendati demikian, mengukur berat badan tidak perlu dilakukan setiap hari. “Tidak ada gunanya jika Anda mengukur berat badan setiap hari. Cara yang benar adalah menimbang berat badan satu kali setelah buang air kecil dan air besar tanpa mengenakan baju. Kemudian lakukan pengecekan kembali seminggu kemudian untuk melihat apakah berat badan Anda bertambah atau tidak,” ungkapnya. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)