Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Belanja Bijak (3): Jangan Bandingkan Harga

Belanja Bijak (3): Jangan Bandingkan Harga
shopping

Berikut beberapa hal yang biasanya menghadirkan dilema bagi Moms saat berbelanja. Baca dan temukan tip untuk menghadapinya.

 

Membandingkan Harga
Menurut Mike Rini Sutikno, financial planner, membandingkan barang dan harga dari satu toko ke toko lain memang penting, tetapi jangan sampai hal itu membuat Anda malah semakin bingung karena terlalu banyak pilihan. Sebelum belanja, tentukan dulu apa yang Anda butuhkan. Contohnya, jika Anda ingin membeli baju, maka tentukan warna apa yang diinginkan, mau dipakai ke mana baju itu dan berapa budget yang dimiliki. Dengan begitu, pilihan Anda dari satu toko ke toko lain akan semakin spesifik.

 

Terapi Stres
Belanja dapat menghilangkan stres, ungkapan ini tidak benar! Sebab, ketika Anda berbelanja dengan alasan untuk menghilangkan stres berarti Anda akan melakukan pelampiasan dan godaan  membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan pun semakin besar. Setelah itu, Anda malah akan bertambah stres dan menyesal karena sudah mengeluarkan banyak uang untuk sesuatu yang tidak berguna. Maka, saat merasa stres, jangan pernah gunakan belanja sebagai terapi. Lebih baik cari pilihan lain untuk mengatasinya, seperti curhat dengan sahabat, berolahraga atau melakukan hobi yang disukai.

 

Ajakan Menemani
Saat Anda tidak butuh berbelanja, sebaiknya hindari ajakan teman untuk menemaninya berbelanja. Anda harus berani tegas menolak ajakan itu, terutama jika Anda adalah orang yang hobi berbelanja. Jika memang harus menemani karena sudah janji sejak jauh-jauh hari, tekankan diri Anda untuk tidak tergoda membeli apapun, bawa uang seadanya saja dan tinggalkan kartu debit serta kredit di rumah. (Dina Christin/DC/Dok. Freedigitalphotos)