Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Komunikasi Efektif untuk Ayah

Komunikasi Efektif untuk Ayah

Tugas orangtua bukan sekadar menemani anak tumbuh dewasa, tapi juga mengarahkan, mendidik, dan memberi contoh. Dan, semua itu harus diawali dengan komunikasi yang efektif dalam keluarga.

 

Dalam buku My Public Speaking, Hilbram Dunar menulis bahwa kunci komunikasi efektif adalah kedekatan dengan audience. Walau kedekatannya berbeda, ini juga berlaku untuk komunikasi dalam keluarga.

 

Saat seorang pria berbicara dengan istri dan anak, pastikan juga untuk  mengetahui karakter mereka. Menurut Hilbram, meskipun kondisi ini cukup tricky, banyak yang beranggapan bahwa setelah sekian tahun bersama, maka sudah saling mengenal karakter. Padahal, manusia bisa berubah seiring dengan usianya.

 

Oleh karena itu, seorang ayah perlu berkomunikasi dengan keluarganya dengan rasa hormat dan respek. Dalam berkomunikasi, ayah perlu mendengar lebih jelas, memiliki kredibilitas, menunjukkan otoritas, dan terlihat pantas dalam pemilihan kata.

 

Baca tips dari Hilbram Dunar lebih lengkapnya tentang komunikasi yang efektif untuk para ayah di Father&Baby Juni  2015! (HD/Aulia/dok.M&B)