Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cerita Dian HP tentang Efek Musik pada Karakter Anaknya

 Cerita Dian HP tentang Efek Musik pada Karakter Anaknya

Kekuatan musik ternyata luar biasa dan dapat memengaruhi tumbuh kembang manusia. Seperti yang diceritakan Dian Hadiprawono atau yang lebih dikenal dengan Dian HP, penata musik profesional yang sering wara-wiri di layar kaca, bahwa anak-anaknya bertumbuh sesuai dengan karakter musik yang mereka dengarkan.

 

Berawal dari rasa penasaran Dian terkait penelitian bahwa memperdengarkan anak musik klasik sejak dalam kandungan dapat memberikan efek positif, wanita kelahiran Tunisia, 50 tahun lalu ini berniat untuk mencoba memperdengarkan kepada janin di dalam rahimnya. Namun, ia tidak memilih genre musik klasik, melainkan genre musik yang tidak biasa.

 

“Saat hamil putra pertama, saya memperdengarkan ia musik rock. Putra saya (Amir, 28) itu sekarang menjadi musisi dan memiliki karakter pemberontak,” tuturnya. Pemberontak yang dimaksudnya adalah putranya tersebut berani untuk menyuarakan pendapatnya dan tidak menerima ketika terjadi ketidakadilan di sekitarnya.

 

Selama hamil kedua, Dian memperdengarkan musik jazz kepada putrinya. Putrinya tersebut (Adin, 26) yang kini berprofesi sebagai chef, memiliki karakter yang santai dan melakukan segala sesuatu dengan rileks. “Itulah yang efek musik yang terjadi kepada kedua anak saya,” ujarnya.

 

Lain cerita dengan keponakannya, yang diperdengarkan musik klasik sejak di dalam kandungan. Keponakannya tersebut memiliki karakater teratur dan disiplin. Efek musik juga pernah dialami oleh rekan pemusik Dian. Saat hamil anak, rekannya tersebut kerap menjadi pengiring dan memainkan musik dangdut. Alhasil, setelah lahir anaknya sangat sensitif dengan musik dangdut dan langsung berjoged jika mendengarkan musik tersebut.

 

“Rekan tersebut pernah menelepon saya, dan kaget kalau anaknya yang berusia 4 tahun selalu joged kalau dengar dangdut.” kata Dian seraya tertawa.

 

Nah, musik apakah yang Moms memperdengarkan kepada anak sejak di dalam rahim?

(Meiskhe/DT/dok.FreeDigitalPhoto)