Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bila Asisten Tak Kembali

Bila Asisten Tak Kembali

Hal yang paling dikhawatirkan para ibu setelah Lebaran adalah jika ‘Si Mbak’ atau asisten rumah tangga memutuskan untuk tidak kembali bekerja. Padahal, saat ini mencari asisten rumah tangga (ART) yang cocok dengan standar kerja yang sesuai dengan keinginan Anda, bisa dibilang cukup sulit.

 

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar ‘Si Mbak’ mau bekerja setelah ia pulang ke kampung halamannya, seperti menaikkan standar gajinya sepulang mudik, mengantarnya mudik hingga ke kampung halaman, kemudian menjemputnya kembali setelah Lebaran. Selain itu, Anda juga bisa sedikit mengurangi jam kerjanya atau memberinya libur untuk beberapa hari.

 

Namun, jika asisten rumah tangga Anda tetap bulat dengan keputusannya untuk tidak kembali bekerja,  Anda perlu mulai beradaptasi dengan keadaan tersebut sampai Anda menemukan ART yang baru. Mulai dari berbagi tugas rumah tangga dengan suami, menitipkan Si Kecil pada neneknya selama Anda dan suami bekerja dan menjemputnya kembali sepulang kerja, atau memasukkan Si Kecil ke day care (tempat penitipan anak). Pilihlah day care yang dekat dengan rumah atau kantor Anda agar tidak repot saat mengantar dan menjemputnya. Dalam mencari ‘Si Mbak’ baru, Anda bisa mengambilnya di yayasan tenaga kerja terpercaya yang bisa disesuaikan dengan standar kerja dan gaji yang Anda tentukan. (TI/Aulia/DT/dok.M&B)