Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Mendidik Anak Lelaki

Tips Mendidik Anak Lelaki

Karakter seorang ibu tentunya amat penting bagi setiap anak baik perempuan ataupun laki-laki. Khususnya untuk anak laki-laki, bagi mereka ibu adalah cinta pertamanya dan cita sejatinya. Ibu adalah seseorang yang dapat mendidiknya untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab serta penuh kasih sayang. Untuk itu,  ketahuilah beberapa aturan yang sebaiknya Anda terapkan pada Si Jagoan Kecil Anda seperti dilansir dari Dailymom.com berikut ini:

 

1. Ajarkan Anak Lelaki Anda untuk Menghormati Wanita
Mendidik seorang anak laki-laki umumnya akan lebih sulit dibandingkan dengan anak perempuan. Terutama ketika anak marah. Ketika anak perempuan marah, mungkin ia hanya akan menangis dan merengek-rengek, berbeda dengan anak laki-laki. Emosi yang begitu meledak akan membuat anak laki-laki berani memukul Anda sambil menangis ketika mereka marah. Beritahu anak Anda untuk tidak melakukan hal tersebut. Sebab hal tersebut tidak baik dilakukan meskipun ketika anak masih dalam tahap mengendalikan emosinya. Sebagai contoh, ketika naik kendaraan, berikan pemahaman pada anak untuk membuka pintu bagi Anda dan wanita lainnya. Berikan pula pehaman bahwa wanita adalah makhluk yang harus dihargai dan dilindungi.
2. Menjadi Sosok Teladan
Teori mengenai sebuah aturan saja tidak akan cukup membuat anak lelaki Anda menjadi pribadi yang baik, ia membutuhkan sosok nyata yang bisa dicontoh. Untuk itu, berikan ungkapan padanya betapa ayahnya adalah sosok yang hebat. Hal ini juga akan ikut membangun rasa hormat anak terhadap ayahnya. Selain itu, dorong pula suami anda untuk mengikutsertakan anak lelaki Anda ketika mengerjakan tugas di sekitar rumah.
3. Menjaga Kesopanan dan Kebersihan Sangat Penting
Mengajarkan kebersihan bukan hanya teori yang harus diajarkan pada anak perempuan saja. Anak laki-laki juga perlu mendapatkan pelajaran ini. Ajarkan anak Anda untuk belajar mengurus diri mereka sendiri, memotong kuku sendiri dan menyisir rambut sendiri. Hal ini akan membangun kebiasaan baik peduli kesehatan padanya.
Aturan tersebut sebaiknya diterapkan pada anak laki-laki Anda di rumah. Mengajarkan anak sejak usia dini mengenai atura-aturan yang perlu mereka jaga tentu akan lebih mudah diserap dan diharapkan dapat menjadi kebiasaan hingga mereka dewasa nanti.


(Asti Wulan/DT/dok.M&B UK)