Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sering Mual di Pagi Hari? Kenali Penyebabnya!

Sering Mual di Pagi Hari? Kenali Penyebabnya!

Anda sering merasa mual di pagi hari? Namun, setelah dicek ternyata Anda tidak hamil. Ya, gejala morning sickness memang tidak selalu menandakan bahwa seseorang sedang hamil. Menurut Kepala Council of General Practice dari Australian Medical Association, Dr. Brian Morton, morning sickness atau rasa mual dan ingin muntah di pagi hari juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain, termasuk ketidakseimbangan hormon, refluks, sleep apnea, stres, atau depresi. Berikut penjelasannnya.

 

1. Hormon
Dr. Brian menambahkan, perasaan mual dapat disebabkan oleh ketidakmampuan otak untuk melepaskan hormon alami, seperti hormon adrenalin atau serotonin, ketika Anda terbangun di pagi hari. “Tingkat keparahannya berbeda-beda, tergantung orangnya masing-masing. Bagi wanita, hal ini juga bisa menjadi tanda perubahan hormon bulanan. Namun, morning sickness tidak hanya bisa dialami oleh wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan pria juga mengalaminya yang disebabkan oleh faktor lain,” ungkap Dr. Brian, dilansir dari Daily Mail.

 

2. Refluks
Ia menambahkan, Penyebab umum lainnya adalah refluks, yaitu ketika mekanisme antara kerongkongan dan perut tidak bekerja secara efisien, serta memungkinkan asam naik ke atas dan mendorong ke luar. Inilah yang membuat Anda timbul rasa mual dan ingin muntah. Pada kasus refluks, Anda mungkin akan merasakan sensasi pahit di mulut atau nyeri di bagian bawah perut.

 

Untuk mencegah refluks pada pagi hari, Dr. Brian menyarankan agar Anda memberi jarak antara waktu tidur dengan jam makan malam. Selain itu, tinggikan posisi bantal Anda saat tidur, sehingga kepala Anda lebih tinggi.

 

3. Stres dan Depresi
Seseorang yang menderita stres, depresi, atau kecemasan dapat merasakan beberapa gejala fisik, seperti berkeringat, jantung berdebar, atau mual. Menurut Dr. Brian, jika perasaan cemas tersebut disebabkan oleh pekerjaan, mereka mungkin akan terus merasakannya sampai Anda menyelesaikan dan melewati pekerjaan itu. Jadi, untuk mengatasi kecemasan atau depresi harus dimulai dari diri Anda sendiri.

 

4. Sleep Anea

Sleep anea adalah gangguan tidur dengan gejala kesulitan bernapas saat tidur. Biasanya ditandai dengan mendengkur. Bila Anda memiliki sleep anea, bisa jadi hal tersebut menyebabkan Anda sering mual di pagi hari. (Aulia/DT/dok.M&B)