Type Keyword(s) to Search

Penyebab ASI Berkurang

Penyebab ASI Berkurang

Pernahkah Anda mengalami produksi ASI yang berkurang? Menurut Dr. Ameetha Drupadi, konsultan laktasi dari RSB Asih, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ASI Anda berkurang, seperti berikut.

 

1. Ibu yang aktif bekerja.
Ibu yang sudah aktif bekerja saat menyusui, biasanya frekuensi memberikan ASI pada bayi akan berkurang. Dokter Ameetha menyarankan agar Anda lebih memperbanyak menyusui sebelum pergi dan setelah pulang kerja.

 

2. Payudara membengkak.
Kebanyakan ibu mengira ASI penuh jika payudaranya sudah bengkak, jadi mereka tidak mau menyusui jika payudara belum bengkak. Padahal, payudara yang bagus untuk menyusui adalah yang lunak. Karena itu, agar payudara tidak bengkak, menyusuilah sesering mungkin.

 

3. Kondisi fisik dan psikis ibu.
Keadaan ibu yang lelah, sakit, atau stres dapat menjadi penyebab berkurangnya ASI. Fisik yang kurang baik menyebabkan hormon oksitosin tidak bekerja maksimal. Karena itu, berusahalah untuk tetap sehat selama menyusui dengan menjaga asupan, serta selalu dalam keadaan yang bahagia, misalnya dengan melakukan hobi yang dapat menghilangkan stres. (LNH/Aulia/DT/dok.M&B)

 

Baca ulasan tentang apa saja penyebab ASI Anda berkurang di Mother&Baby edisi Agustus 2015!