Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Melihat Akuarium Berdampak Baik Bagi Kesehatan

Melihat Akuarium Berdampak Baik Bagi Kesehatan

Apakah Anda senang mengajak Si Kecil melihat wahana akuarium raksasa atau memelihara ikan di rumah? Jika iya, teruskan hobi ini karena ternyata bermanfaat. Penelitian mengungkapkan, memerhatikan ikan-ikan berenang di dalam akuarium selain menenangkan juga mampu meningkatkan mood serta menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

 

Para ahli dari National Marine Aquarium, Plymouth University dan University of Exeter melakukan penelitian dengan melibatkan banyak partisipan untuk dipantau respons fisik dan mental mereka saat melihat wahana akuarium raksasa yang berisi beragam ikan. “Sementara akuarium raksasa biasanya hanya berfokus pada misi untuk memberikan edukasi, studi kami melihat beberapa manfaat yang belum diketahui khalayak,” ujar Dr Sabine Pahl, associate proffesor Psikologi di Plymouth University.

 

Deborah Cracknell dari National Marine Aquarium menjelaskan bahwa akuarium sering diasosiasikan dengan membuat tenang pasien saat mengunjungi dokter bedah dan dokter gigi. Itulah mengapa sebagian dokter menempatkan akuarium di ruang tunggu mereka. “Studi ini untuk pertama kalinya menunjukkan bukti bahwa sering melihat suasana di bawah air mampu berdampak positif bagi kesehatan,” tambahnya, seperti dikutip melalui Daily Mail.

 

Ia mengharapkan bagi kalangan urban dan pekerja yang profesinya memiliki tingkat stres tinggi menggunakan akuarium sebagai terapi untuk relaksasi. Jadi, bagi yang tidak sempat melakukan aktivitas di alam bebas, bisa memilih melihat akuarium sebagai alternatif menenangkan diri. (Sagar/DT/Dok. Daily Mail UK)