Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Membacakan Buku untuk Anak

Tips Membacakan Buku untuk Anak

Moms, Anda bisa menumbuhkan minat membaca buku Si Kecil dengan mulai mengenalkannya pada buku sejak dini. Caranya adalah dengan rutin membacakan ia buku setiap hari. Menurut Maulida Kurniasari, wakil koordinator Taman Pengembangan Makara Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, membacakan buku kepada anak bisa dimulai sejak ia masih bayi. Saat bayi, Si Kecil sudah mengenal suara dan Anda bisa membacakan buku untuk menstimulasi indera pendengaran dan indera sentuhnya. Bacakan ia sajak khusus anak, lagu ataupun puisi.

 

Saat beranjak balita, Si Kecil akan senang dibacakan buku cerita. Pada usia tersebut kemampuan bahasanya sudah berkembang dan ia mengasosiasikan gambar dengan bunyi tertentu. Selain itu rasa ingin tahunya semakin besar, namun rentang konsentrasinya rendah. Untuk itu, pilihkan ia buku bergambar di usianya tersebut.

 

Satu hal yang perlu Moms ingat adalah keberhasilan membacakan buku ada di tangan Anda. Si Kecil dapat merasakan manfaatnya jika Anda melakukannya dengan tepat. Maulida Kurniasari membagikan tips keberhasilan membacakan buku sebagai berikut:

- Pilih buku cerita yang menyenangkan untuk pembaca dan anak.
- Baca dan pelajari dulu sebelum membacakannya.
- Ajak anak duduk di pangkuan atau sambil duduk berhadapan.
- Bangun emosi positif saat membacakan cerita.
- Jalin kontak mata dengan anak, kenalkan pengarang dan ilustrator.
- Gunakan ekspresi, intonasi, dan bahasa tubuh untuk menarik perhatian.
- Tunjuk tulisan sambil membacakannya.
- Berikan kesempatan anak untuk bertanya atau berkomentar.
- Jika ia sudah cukup besar, cobalah untuk mengajaknya menebak cerita selanjutnya dan mendiskusikan kembali cerita yang baru dibaca

 

Selamat mencoba, Moms!

 

(Meiskhe/DT/dok.M&B UK)