Type Keyword(s) to Search
BABY

Mengenal Attachment Parenting (2)

Mengenal Attachment Parenting (2)

Dr. William Sears sangat terkenal dengan teori Attachment Parenting-nya. Lewat teori ini, ia menjelaskan konsep 7B yang dapat membuat hubungan Anda dan Si Kecil melekat semakin dekat.

1. Birth Bonding
Bagaimana hubungan orangtua dengan bayi dimulai, akan menentukan hubungan ini seterusnya. Beberapa hari pasca-persalinan merupakan periode kritis, karena pada masa ini, Anda dan Si Kecil berada dalam kondisi yang ingin selalu dekat satu sama lain. Jadi, membangun hubungan tepat setelah Si Kecil lahir sangatlah penting.


Kedekatan dengan Si Kecil akan mempertajam insting Anda, sehingga mampu membuat keputusan terbaik berdasarkan intuisi keibuan yang Anda miliki. Lalu, bagaimana jika sesuatu terjadi sehingga Anda dan bayi tidak bisa langsung berkoneksi pasca-persalinan? Terkadang, komplikasi medis menjadi halangan bagi ibu dan bayi untuk membangun hubungan awal mereka. Namun, tak perlu khawatir, Dr. William menjelaskan bahwa Anda bisa mengejar ketertinggalan ini setelah semua membaik. “Begitu Anda sudah bisa berlekatan dengan Si Kecil, mulailah untuk membangun hubungan dengannya,” tegas Dr. William.


Bonding bukanlah lem yang bisa langsung melekatkan hubungan Anda dengan Si Kecil secara instan. Bonding adalah serangkaian kegiatan yang Anda lakukan bersama dengan Si Kecil sepanjang pertumbuhannya. Untuk membentuk ikatan yang kuat dibutuhkan proses belajar untuk saling mengenal dan tentunya waktu yang tidak singkat. Bonding yang baik tidak hanya dilakukan pasca-persalinan saja, namun berkesinambungan sepanjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Breastfeeding
Selain kandungan ASI yang tak lagi terbantahkan manfaatnya bagi bayi, menyusui merupakan latihan awal untuk dapat mengenali bayi Anda. Lewat menyusui, Anda dapat mengetahui sinyal-sinyal yang diberikan Si Kecil dan membaca bahasa tubuhnya, yang merupakan langkah awal dari mengenal Si Kecil secara utuh. Menyusui membangun chemistry antara Anda dan bayi dengan cara merangsang produksi hormon prolactin dan oxytocin yang berguna untuk mendorong intuisi keibuan Anda.  (OCH/Dok. M&B UK)