Type Keyword(s) to Search
BABY

Manfaat Attachment Parenting (1)

Manfaat Attachment Parenting (1)

Di 1999, Attachment Parenting (AP) menjadi istilah baru yang dibicarakan oleh banyak orang tua. Konsep AP pertama kali dibuat oleh seorang dokter anak asal Amerika Serikat, Dr. William Sears. Ap digunakan untuk menggambarkan pola asuh yang responsif terhadap kebutuhan Si Kecil dan memberikan perhatian penuh padanya. Ada beberapa manfaat AP, yaitu:

1. Mutual Giving
Semakin banyak yang Anda berikan pada Si Kecil, semakin banyak pula yang akan Si Kecil berikan pada Anda. Anda akan menemukan momen tak ternilai ketika Si Kecil tersenyum pada Anda, atau ketika ia melihat Anda dengan sangat lekat dan penuh kasih sayang. Bukankah akan sangat membahagiakan jika Anda tahu bahwa itu semua terjadi karena kedekatan Anda dengannya?

2. Membentuk kemandirian
Keterikatan dan kemandirian digambarkan oleh Dr. William melalui deep groove theory. Bayangkan pikiran Si Kecil sebagai sebuah rekaman yang berisi pengalaman-pengalaman yang ia lewatkan bersama Anda. Semakin banyak pengalaman hidup yang Anda lewatkan bersama Si Kecil, maka semakin kuat memori rekaman tersebut. Antara usia 12-18 bulan, bayi mampu mengingat orang yang paling dekat dengannya, yaitu Anda. Ingatan dan rekaman yang melekat pada memori anak akan membuat figur Anda terus ada bersamanya, sehingga ia tidak takut untuk melakukan hal-hal yang baru. Selain itu, dalam kelekatan Anda dan Si Kecil, tercipta rasa saling percaya. Ini termasuk membiarkan Si Kecil kesempatan untuk bereksplorasi sebebas mungkin sehingga ia menjadi lebih percaya diri dan tidak takut menghadapi hal atau lingkungan baru. Teori ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr. William, bahwa anak-anak yang dekat dengan orangtua, justru menjadi anak yang lebih mandiri. (OCH/ Dok. M&B UK)