Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pentingnya Berkomunikasi dengan Anak saat Bekerja

Pentingnya Berkomunikasi dengan Anak saat Bekerja

Salah satu kendala menjadi ibu bekerja adalah kurangnya waktu bersama Si Kecil. Apabila sang ibu tidak bisa membagi waktu secara bijak, bisa menimbulkan masalah psikologis bagi sang anak. Namun, Ibu tidak perlu berkecil hati, saat ini para peneliti telah menemukan suatu cara baru membangun hubungan yang baik dengan Si Kecil. 

 

Penelitian terbaru menemukan bahwa efek seorang anak yang mendengarkan suara ibunya melalui telepon sama dengan ketika Si Kecil mendapatkan pelukan yang hangat dari sang ibu. Peneliti Amerika Serikat melibatkan lebih dari 60 anak perempuan yang memiliki situasi penuh tekanan. Anak-anak ini kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok diberikan kenyamanan fisik seperti pelukan atau merangkul bahu oleh ibunya, kelompok kedua diberikan suara ibu melalui telepon sedangkan kelompok ketiga diberikan film yang netral secara emosional.

 

Ternyata hasil penelitian menunjukkan kadar hormon oksitosin meningkat pada dua kelompok pertama dengan jumlah yang sama. Tapi hal ini tidak terjadi pada kelompok ketiga yang hanya diberikan suguhan film. Hormon oksitosin adalah hormon cinta karena muncul setiap kali berinteraksi dengan rasa kasih sayang, contohnya, ketika ibu memberikan ASI pada anaknya. Ternyata suara ibu melalui telepon bisa memberikan hormon oksitosin dalam jumlah yang sama dengan jumlah hormon yang dikeluarkan dari kenyamanan fisik. (OCH/Aulia/DT/dok.M&B)