Type Keyword(s) to Search
BABY

Misteri Aroma Bayi Baru Lahir

Misteri Aroma Bayi Baru Lahir

Pernahkah Anda mencium bayi berkali-kali karena aroma tubuhnya yang khas? Wangi newborn merupakan salah satu bau yang paling menakjubkan di dunia. Bahkan, ada salah satu merek parfum yang menggunakan new baby scented sebagai pilihan produknya.

 

Banyak orang beranggapan bahwa bau bayi baru lahir hanyalah sebuah mitos. Beberapa menyebutkan bahwa wangi ini berasal dari produk bayi atau halusinasi orangtua baru akibat kurang tidur. Namun, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychology, mengatakan bahwa bayi memang memiliki wangi yang khas. Salah satu fakta yang menarik adalah bau khas newborn ini tidak berlangsung lama, umumnya hanya hingga usia 6 minggu.

 

Pertanyaannya, wangi apa yang sebenarnya yang keluar dari tubuh Si Newborn? Ternyata, tak seorang pun tahu persis sumber aroma tersebut. “Ada yang menyebutkan wangi tersebut berasal dari kelenjar keringat bayi,” ujar George Preti, Ph. D., analytical chemist dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, Amerika Serikat.

 

Teori lain, salah satu sumber bau tersebut adalah vemix caseosa, lapisan dan zat berwarna putih yang menyelubungi bayi ketika dilahirkan. Biasanya, suster akan membersihkan zat ini sesaat setelah persalinan, namun jejaknya mungkin saja masih tersisa di rambut, atau lipatan tangan dan kaki, sehingga menimbulkan wangi tertentu. (OCH/Sagar/DT/Dok. M&B)

 

Apapun sumber aroma tubuh bayi ini, menariknya hal tersebut merupakan cara alam untuk membentuk cinta pada orang sekitarnya lho, Moms! Informasi selengkapnya bisa dilihat di majalah Mother&Baby edisi September 2015! Grab it fast!