Type Keyword(s) to Search
BABY

Bayi Berkeramas

Bayi Berkeramas
keramas bayi

Memandikan bayi memang membutuhkan perhatian ekstra, mengingat gerak-geriknya yang selalu tak bisa diam. Biasanya bayi senang menggerak-gerakkan kaki dan tangannya hingga air yang memenuhi bak mandinya tepercik keluar. Meski umumnya Si Kecil tidak menyukai ritual keramas saat mandi, namun Anda harus tetap membiasakannya. Ia pun sering kali meronta-ronta saat rambutnya dibilas, karena sering membuat kedua matanya perih.

 

Ada beberapa trik berikut yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan busa sampo dari kepala Si Kecil dan membuat waktu berkeramasnya nyaman:

 

1.  Anda dapat alihkan perhatian Si Kecil dengan menggunakan mainan yang digantung dengan posisi di sebelah atas kepala agar ia mau mendongakkan kepalanya saat dikeramas. Anda juga dapat memperdengarkan bunyi-bunyian pada mainan tersebut untuk menarik perhatiannya.

2.  Pilihlah sampo khusus untuk bayi dengan formula bahan yang tidak membuat matanya perih.

3.  Biasakan diri Anda untuk menghitung mundur sebelum mulai menuangkan air ke kepalanya, sehingga Si Kecil merasa siap dan tidak kaget. Kegiatan ini juga merupakan bentuk bonding dan dapat melatih interaksinya.

4.  Jika Anda masih merasa takut, Anda dapat menggunakan waslap untuk membersihkan busa di kepala Si Kecil.

5.  Gunakan tangan Anda untuk membersihkan kembali sisa-sisa busa yang ada di kepala atau belakang telinganya.

6.  Jika Anda cukup berani, Anda dapat mengguyurkan air ke kepala Si Kecil secara perlahan.

7.  Untuk membuat rambut Si Kecil lebih lembut dan tidak kusut saat disisir, gunakan kondisioner khusus untuk rambut bayi yang berbahan ringan. (Aulia/DMO/Dok. M&B UK)