Type Keyword(s) to Search
BABY

Pentingnya Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Pentingnya Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan

1000 hari pertama kehidupan Si Kecil merupakan periode yang sangat penting. Pada masa ini organ vital dalam tubuh Si Kecil berkembang seperti otak, sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuhnya. Untuk mendukung perkembangannya lebih optimal, Anda perlu memberikannya nutrisi yang tepat pada 1000 hari pertama tersebut, yang terbagi atas 3 periode yaitu 270 hari kehamilan, 365 hari pertama kehidupan Si Kecil dan periode 365 hari berikutnya.

 

Selama hamil, tubuh dan organ anak mulai dibentuk oleh karena itu ibu harus memilih nutrisi yang tepat. Nutrisi yang dianjurkan tersebut adalah asam folat untuk pembentukan otak dan tengkorak, vitamin D dan kalsium untuk membentuk tulang, omega tiga untuk otak dan zat besi untuk meningkatkan volum darah dan sebagai fungsi imun ibu.

 

Saat anak lahir, hal yang perlu diperhatikan adalah memberikan makanan yang tepat untuknya. World Health Organisation (WHO) merekomendasikan ibu memberikan ASI ekslusif kepada bayi selama 6 bulan. Pemberian ASI dapat dilanjutkan sampai ia berusia 2 tahun, di samping MPASI. Menyusui  adalah periode yang bermanfaat besar bagi ibu dan bayi. Selain sebagai media bonding, menyusui dipercaya dapat membangun kelekatan antara ibu dan bayi sehingga merangsang pembentukan antibodi pada diri ibu yang tersimpan diri payudara.

 

Sewaktu Si Kecil sudah mulai disapih, dianjurkan agar mengenalkan anak makanan padat dengan rasa dan tekstur baru. Hal ini dapat menjadi pondasi membangun pola makannya sejak dini. Dan jangan lupa untuk membiarkan anak makan sendiri.

 

Setelah periode 1000 hari pertama ini berakhir, tidak berarti Anda berhenti memerhatikan kebutuhan nutrisinya. Anak saat memasuki usia balita bahkan membutuhkan lebih banyak nutrisi. Penuhi zat besi, kalsium, asam amino esensial dan vitamin D untuk pertumbuhan optimalnya. (Meiskhe/DC/Dok.M&B UK)