Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Agar Suami Tidak Boros

Agar Suami Tidak Boros

Menghadapi suami boros memang tidak mudah. Bukan hanya masalah keuangan yang harus dihadapi, Anda pun harus siap dengan terjadinya perselisihan. Bertindaklah dengan bijak dan hentikan kebiasaan suami dengan cara yang tepat.

 


Beri tahu baik-baik
Walaupun sulit menghadapi suami boros, sebaiknya jangan pendam pendam perasaan Anda. Utarakan kekhawatiran Anda mengenai akibat dari sifat borosnya dengan baik dan tenang. Dengan begitu, argumen Anda lebih bisa diterima dan membuatnya berpikir untuk tidak boros lagi.
 

 

Buat rencana keuangan

Meski terlihat sepele, mengatur keluar-masuknya keuangan Anda dan suami sangat penting. Buat perencanaan keuangan secara rinci dan diskusikan bersama. Hal ini berguna agar suami dapat memahami apa yang menjadi prioritas dalam pengeluaran rutin keluarga.

 

Perlihatkan keuangan secara rinci
Orang yang boros biasanya hanya memperhitungkan pengeluaran untuk sehari. Padahal jika dihitung, pengeluaran yang tampak sedikit itu akan menjadi besar jika dikalkulasikan dalam sebulan. Tunjukan rincian tersebut kepada suami agar ia tersadar dan mengubah sifat borosnya. 

 

Kelola diri sendiri
Anda ingin mengubah sifat boros suami, tetapi Anda juga sering menggunakan uang untuk hal yang tidak perlu? Kelola diri Anda! Berikan contoh kepada suami sesuai apa yang Anda ingin ia lakukan. Buat anggaran belanja dan tujuan yang nyata. Pastikan Anda mengeluarkan uang hanya untuk hal yang perlu. 

 

Komitmen bersama
Anda dan pasangan harus berkomitmen menjaga keuangan dan menggunakannya sesuai tujuan. Tanpa komitmen, rencana sebaik apapun akan menjadi percuma. (Deonisia/DC/Dok. M&B)