Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Hemat Belanja Keperluan Si Kecil

Hemat Belanja Keperluan Si Kecil

Memiliki balita memang memerlukan biaya ekstra untuk bisa memenuhi semua kebutuhannya. Mulai dari susu, popok, vitamin, kebutuhan mandi, dan lainnya. Untuk itu, diperlukan cara tersendiri agar keuangan Anda tetap terkontrol dan kebutuhan lain bisa dipenuhi. Anda harus pintar menghemat pengeluaran untuk Si Kecil dan mengalihkannya untuk keperluan lain. Apa saja yang bisa Anda hemat?

 

1. Formula. Berhematlah dengan cara memberikan ASI. Atau jika harus memakai formula, bergabunglah dengan klub pengguna susu (biasanya, produsen susu besar memiliki klub ini) untuk mendapat informasi promosi dan keuntungan dari kegiatan lainnya (misalnya penukaran poin belanja).                                                      

 

2. Biaya babysitter. Anda bisa mengurangi biaya ini dengan meminta kerabat dekat mengasuh Si Kecil. Jika Anda harus menyewa jasa baby sitter, pastikan perusahaannya terpercaya dan memiliki jaminan tenaga kerja yang bagus, sehingga Anda tidak rugi membayar mahal.  

 

3. Popok sekali pakai. Menggunakan popok kain akan sedikit merepotkan, tetapi Anda bisa memotong biaya popok sekali pakai. Anda bahkan bisa berhemat hingga Rp 1.500.000 per bulan. Wow!

 

4. Mainan dan pakaian. Barang-barang Si Kecil tidak harus serba baru. Jika ingin berhemat, Anda bisa membeli mainan atau perlengkapan bekas pakai atau menyewanya. Pakaian pun bisa dibeli online atau grosiran agar lebih murah. Ingat! Perlengkapan Si Kecil sebagian besar hanya dipakai dalam waktu singkat karena pertumbuhannya sangat pesat.

 

5. Makanan. Membuat sendiri makanan untuk Si Kecil sudah pasti lebih murah (dan terjamin mutunya). Anda pun bisa berhemat hingga Rp 1.000.000 per bulan. (Deonisia/DC/Dok. M&B)