Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengenal Couvade Syndrome Pada Calon Ayah

Mengenal Couvade Syndrome Pada Calon Ayah

Apakah Anda pernah mendengar cerita tentang pria yang merasakan mual, sakit punggung, berat badan bertambah, dan ngidam saat istri mereka tengah hamil muda? Ya! Kondisi itu memang bisa menyerang para calon ayah dan dikenal dengan couvade syndrome atau sindrom “kehamilan simpatik”.

 

Kata couvade diambil dari bahasa Perancis yaitu couver yang berarti menetas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh St. George University, London, Inggris, ditemukan bahwa 20 – 80 persen pria di dunia mengalami couvade syndrome di trimester pertama dan ketiga kehamilan. Beberapa gagasan ilmiah pun mengungkapkan bahwa saat istrinya hamil, pria mengalami peningkatan kerja hormon dalam tubuhnya.

 

Menurut Robin Elise Weiss, BA, LCEE, salah satu peneliti di bidang kesehatan kehamilan, kadar prolaktin dan kortisol pria cenderung meningkat, sementara kadar testosteron dan estradiol (hormon seks) menurun di awal dan akhir trimester kehamilan istrinya. Robin mengatakan sindrom ini akan sembuh dengan sendirinya saat Si Kecil lahir. “Tak ada obat untuk sindrom ini, kecuali para istri telah melahirkan buah hati mereka,” ujar Robin. (Gita/DC/Dok.freedigitalphotos)