Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rahasia Umur Panjang Masyarakat Okinawa

Rahasia Umur Panjang Masyarakat Okinawa

Anda mungkin sudah pernah mendengar cerita tentang pola hidup sehat yang dianut masyarakat kepulauan Okinawa, yang terletak di selatan Jepang. Saking sehatnya, banyak orang tua di Okinawa yang hidup sampai usia di atas 100 tahun dengan memori otak yang terbilang cukup bagus. Apa yang membuat mereka memiliki kualitas kesehatan sangat baik? Berikut rahasianya.

 

1. Dalam mengonsumsi makanan, masyarakat Okinawa memiliki slogan 'hara hachi bu'. Artinya, mereka tidak boleh mengonsumsi makanan sampai terlalu kenyang. Lambung hanya boleh diisi makanan tidak lebih dari 80 persen kapasitasnya.

 

2. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi makanan, mereka akan menghitung jumlah kalori di dalamnya. Biasanya, mereka hanya makan sekitar 1.200 kalori per hari.

 

3. Masyarakat Okinawa terkenal dengan keramahannya. Bagi mereka, bersosialisasi dan mengomunikasikan segala masalah adalah cara terbaik mengurangi stres.

 

4. Sehari-hari, warga Okinawa lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Tetapi, mereka juga mengonsumsi bahan pangan hewani untuk menjaga agar standar gizinya tetap seimbang.

 

5. Mereka tidak pernah lupa untuk mengatur aktivitas dan kecukupan istirahatnya. Tanpa olah fisik dan istirahat yang cukup, tentunya mereka tidak akan bisa hidup lebih dari 100 tahun. (Gita/DC/Dok.BBC.UK)